Diposting oleh : Erizal Wandi     Tanggal : 17 Mei 2017 17:26     Dibaca: 221 Pembaca

Dua Desa Belum Serahkan RAPBDes

Kabid Pemerintahan Kelurahan dan Desa Sarfan Zahir

Prabumulih, Detik Sumsel - Meskipun Anggaran Dana Desa (ADD) telah masuk ke kas daerah, namun penyerahan dana desa masih belum bisa dilakukan. Pasalnya, masih ada dua desa yang belum menyerahkan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes). Kedua desa tersebut yakni Desa Pangkul dan Desa Kemang Tanduk.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Kelurahan dan Desa (BPMPKD) Drs Aris Apriadi melalui Kabid Pemberdayaan Kelurahan dan Desa Sarfan Zahir mengatakan, pihaknya masih menunggu penyerahan RAPBDes dari kedua desa tersebut. Sementara sebagian desa lainnya sudah menyerahkan dan masih dalam tahap evaluasi.

"Tinggal dua desa ini yang belum. Dana desa tidak bisa kita cairkan sebelum masing-masing desa menyerahkan RAPBDes. Jika telah selesai tahap evaluasi barulah dana desa bisa dicairkan setelah adanya pengajuan dari desan yang bersangkutan," ujar Sarfan kepada detiksumsel.com, Rabu (17/5).

Lebih lanjut Sarfan menjelaskan, alasan belum diserahkannya RAPBDes oleh kedua desa tersebut lantaran masih banyaknya perubahan dari penyusunan RAPBDes. Untuk itu pihaknya terus melakukan pemantauan dan menggiring ke dua desa tersebut agar segera menyelesaikan susunan RAPBDes.

"Jika penyerahannya molor tentunya akan rugi bagi desa itu sendiri. Karena dana desa tidak bisa dicairkan dan akan menghambat program kerja di pemerintahan desa. Dan ini merupakan salah satu syarat utama yang harus dipenuhi oleh masing-masing desa," ungkapnya.

Masih kata Sarfan, pencairan dana desa dibagi menjadi dua tahapan. Untuk tahap pertama dana desa akan dicairkan sebesar 60 persen dari total anggaran."Paling lambat dana desa ini akan dicairkan sebelum puasa. Dari 12 desa yang ada suda ada beberapa desa yang mengajukan permintaan pencairan dana desa. Nantinya dana desa akan ditransfer langsung ke rekening desa," terangnya.

Melalui dana desa tersebut pihaknya berharap agar kepala desa benar-benar dapat menggunakannya untuk kepentingan pembangunan desa dan kesejahteraan masyarakat desa."Tentunya dana yang digunakan benar-benar harus sesuai dengan RAPBDes yang telah diajukan dan dilakukan evaluasi oleh kita," tandasnya. (Ichal)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi