Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh :     Tanggal : 30 Mei 2017 14:30     Dibaca: 1468 Pembaca

Dua Spesialis Curat Bawah Jok Motor Keok Dipelor Polisi

Kedua tersangka spesialis pencurian barang di bawah jok motor saat diamankan petugas di polres Lubuklinggau. (Foto istimewa)

Lubuklinggau, Detik Sumsel- Dua Spesialis Curat ambil barang dibawah jok sepeda motor yang kerap beraksi di dalam wilayah Kota Lubuklinggau, pada Senin (29/05) kemarin berhasil dibekuk kepolisian resort Lubuklinggau.

Keduanya berhasil diamankan petugas berdasarkan laporan LP-B/ 194 / V / 2017 / Sumsel / Res Llg tanggal 12 mei 2017 dengan korban atas nama Beta Riyani (29) warga Jalan Waringin, Kelurahan Puncak Kemuning Kecamatan Lubuklinggau Utara II.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Hajat Mabrur Bujangga melalui Kasat Reskrim AKP Ali Rojikin didampingi Kanit Pidum Iptu Hendrawan menjelaskan, bahwa modus yang dilakukan kedua tersangka bernama Rico Viadri (31) warga jalan duku, Kelurahan Watervang, Kecamatan Lubuklinggau Timur I dan Pebri Andri warga yang sama mengincar korbannya saat mendatangi suatu tempat.

"Modus operasi keduanya yakni dengan menggunakan sepeda motor vario tecno milik tersangka Rico keliling untuk menentukan target atau mangsa yg akan dicuri,"Kata Ali Rojikin.

Seperti yang terjadi kepada Korban Beta bahwa kedua tersangka mengincar korban terlebih dahulu. Kemudian saat melintasi di TKP dimana sepeda motor korban diparkirkan di depan Indomaret Pasar Pemiri sementara korban masuk ke minimarket tersebut, saat itu pelaku riko langsung memarkirkan sepeda motor miliknya disebelah kiri motor korban dikarenakan saat itu korban tidak membawa apa apa dan tersangka rico berpikiran bahwa uang atau dompetnya tersebut korban letakkan di jok motor. 

"Kemudian Riko menyuruh Pebri masuk ke dalam Indomaret dan berpura pura menanyakan tiket kereta untuk mengalihkan perhatian orang yg ada di dalam indomaret. Kemudian rico mengeluarkan tas warna hitam dan saat itu tangan kiri memegang tas warna hitam sambil menutupi tangannya dan sambil menarik jok motor korban dan tangan kanan Rico mengambil barang yang ada di jok motor lalu kemudian kedua tersangka melarikan diri," beber kasat.

Dari hasil interogasi, kedua tersangka telah beraksi beberapa kali dan berhasil mencuri barang berharga dari dalam jok motor korbannya berupa uang tunai, handphone serta barang lainnya. Pertama di Alfamart batu urip Lubuklinggau.

Kedua Salon Fiolet Kelurahan Bandung Ujung mengambil dompet dalam Jok motor berisi uang 5 uta dan kartu identitas, ketiga di depan Putri Colection Kelurahan Taba Jemekeh mengambil dompet korban dijok motor berisi uang tunai Rp.2,3 juta, keempat di halaman parkir RM. Singgalang kelurahan Watervang berhasil mengambil uang Rp.8 Juta dan surat-surat penting dalam Jok motor.

"Kedua tersangka sudah diamankan beserta satu unit sepeda motor honda vario tecno warna hitam no. Plat B 3190 FAT, satu buah helm Merk GM warna hitam lis merah satu helm gm warna putih corak angry bird," katanya.

Kedua tersangka diamankan pada Senin (29/05) sekira pukul 14.00 wib di kelurahan petanang, Kecamatan Lubuklinggau Utara I. "Saat dilakukan penyergapan, pelaku berisaha melarikan diri, diminta menyerah dan diberi tembakan peringatan namun tidak diindahkannya , hingga dilumpuhkan dengan tembakan ke arah kaki hingga akhirnya behasil diamankan," pungkasnya.(ffa)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi