Diposting oleh : Iyan Ds     Tanggal : 21 Agustus 2017 14:58     Dibaca: 138 Pembaca

Dukung Sport Tourism, Pemerintah Daerah Diminta Kembangkan Wisata Olahraga

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mendampingi Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI AM Putranto saat mencoba lintasan Kejurnas Rally Indonesia Merdeka 2017 di Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sabtu (19/08) lalu

Palembang, Detik Sumsel-Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin meminta Pemerintah kabupaten/Kota di Sumsel turut mengembangkan wisata olahraga di daerahnya masing-masing dan tidak hanya terfokus kawasan Jakabaring Sport City (JSC), di Kota Palembang.
 
Hal itu diungkkapkan orang nomor satu di Sumsel tersebut usai membuka Kejuaraan Nasional Rally Indonesia Merdeka 2017 di Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sabtu (19/08) lalu.

Menurut Alex, Sumsel sudah dicanangkan pemerintah pusat sebagai daerah cikal bakal wisata olahraga. Oleh sebab itu, dia berhrap pemerintah kabupaten/kota harus memanfaatkan kesempatan ini untuk mengangkat potensi daerah masing-masing.

"Sejauh ini lokasi sport tourism baru ada di JSC. Coba bayangkan jika setiap kabupaten mengembangkannya. Tidak perlu lengkap seperti JSC, cukup pilih beberapa cabang olahraga saja," harapnya.

Dia mencontohkan, yang dilakukan Ogan Ilir dengan menggalakkan olahraga rally skala nasional dengan memakai Lintasan Tanjung Senai dan di perkebunan tebu Cinta Manis, merupakan salah satu kegiatan yang patut di contoh

"Jika mau olahraga alam dapat ke Pagaralam atau ke Lahat. Jika ini digalakkan dan direncanakan dengan baik maka tujuan dari sport tourism dapat tercapai yakni pemberdayaan ekonomi," kata dia.

Lebih jauh dijelaskannya, Provinsi Sumsel menjadi model pengembangan pariwisata berbasis ajang olahraga di Indonesia karena memiliki fasilitas olahraga bertaraf internasional. Pengembangan pariwisata olahraga ini sangat sejalan dengan peran Provinsi Sumsel sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

Sebelumnya, Sumsel juga telah sukses menggelar SEA Games ke-25 tahun 2011, Islamic Solidarity Games 2013, Asean University Games 2014 dan beberapa ajang internasional lainnya, kini Sumatera Selatan ingin mendapatkan berkah dari pariwisata.

"Menjadi tuan rumah Asian Games ini sebenarnya sasaran antaranya, tapi sasaran sebenarnya bagaimana daerah ini dikenal, jika sudah dikenal maka investasi akan masuk, wisatawan akan datang, dan industri kreatif akan tumbuh," kata mantan Bupati Musi Banyuasin ini.

Ia menambahkan, untuk mendatangkan investasi maka suatu dareah harus dikenal terlebih dahulu dan Sumsel telah menentukan pilihannya yakni melalui olahraga.

Terkait dengan pengembangan pariwisata olahraga ini, Alex mengatakan Sumsel akan menjadikan Kawasan Jakabaring Sport City (JSC) yang memiliki 18 arena bertaraf internasional sebagai kawasan wisata olahraga.

Pengembangan `sport tourism` dimulai sejak Sumse menjadi tuan rumah ajang olahraga nasional dan internasional, di antaranya PON XVI 2004, SEA Games ke-25 tahun 2011, Islamic Solidarity Games 2013, dan ASEAN University Games 2014. (iyop)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi