Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : DP     Tanggal : 07 Agustus 2017 08:10     Dibaca: 436 Pembaca

Eits, Jangan Pakai Handuk Bersama-Sama, Ini Bahayanya

Istimewa

DETIK SUMSEL - Anda mungkin berpikir tidak ada salahnya berbagi barang pribadi dengan orang terdekat. Tapi berbagi barang-barang pribadi seperti handuk mungkin bukan ide bagus.

Tahukah Anda, menyeka wajah dengan handuk yang telah digunakan orang lain bisa menyebabkan jerawat?

Handuk yang telah digunakan lalu dilipat rentan terhadap berkembangnya bakteri. Handuk mungkin terlihat bersih, tapi bisa mengumpulkan banyak debu, kotoran, minyak make up, dan sel kulit mati yang menjadikannya tempat berkembang biak bagi bakteri.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Infection Control, mendeteksi bakteri E.coli pada handuk yang digunakan kembali dapat menyebabkan jerawat dan infeksi jamur. Saat Anda menggosokkan handuk ke kulit Anda, bakteri dapat berpindah ke kulit Anda dan berkumpul di pori-pori.

Ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan jika ingin berbagi handuk dengan orang terdekat, seperti yang dilansir dari laman The Health Site, Senin (7/8/2017).

1. Cuci handuk wajah Anda secara teratur dan simpan di tempat yang kering dan berventilasi. Jangan sekali-kali menyimpan handuk di kamar mandi karena lingkungan lembap dan hangat bisa menjadi inkubator bakteri.
2. Pastikan handuk Anda telah kering sebelum melipatnya.
3. Jangan menggunakan handuk yang sama, di wajah, tubuh dan rambut. Handuk Anda bisa dipenuhi residu dari hair conditioner yang dapat berpindah ke wajah sehingga menyebabkan jerawat.

Sebaiknya bawalah handuk sendiri saat menginap dan jagalah kebersihannya sehingga tidak menyebabkan hal yang tidak diinginkan pada kulit. (net)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi