Diposting oleh : Deddy Gusrizal     Tanggal : 13 Agustus 2017 15:12     Dibaca: 91 Pembaca

Entaskan Tingkat Pengangguran Sebanyak Mungkin

Anggota DPD RI Hendri Zainuddin menyempatkan diri foto bersama para peserta pelatihan Boarding ke BBPLK Serang.

PAGARALAM, Detik Sumsel – Sebanyak 8 alumni peserta pelatihan keterampilan di UPTD Loka Latihan Kerja (LLK) Kota Pagaralam, mendapatkan beasiswa Kementerian Tenaga Kerja untuk mengikuti pelatihan Boarding di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang.

Minggu (13/8) siang, rombongan peserta pelatihan ini, mulai berangkat menuju Serang, dengan menggunakan moda tranportasi udara Wings Air rute Pagaralam – Palembang pukul 11.05 WIB, bersama peserta dari Kabupaten Muara Enim dan Lahat.

Di kesempatan ini, sebelum beranjak pergi ke Palembang, peserta mengikuti pelatihan Boarding ke Serang, sempat foto bersama DPD RI Hendiri Zainuddin, yang kebetulan juga satu pesawat ingin berangkat ke Palembang.

“Pelatihan Boarding merupakan program unggulan dari BBPLK Serang, untuk menjaring peserta dari seluruh Indonesia. Ini juga program Kementerian Tenaga Kerja, jadi kita mencari peserta Boarding dari luar daerah,” terang Staf Penyelenggara BBPLK Serang Rika Ardiana, saat dibincangi wartawan koran ini.

Pelaksanaan pelatihan Boarding, tambah Rika, untuk mendukung program Kementerian Bapak Hanif Dhakiri, dalam pengentasan pengangguran sebanyak-banyaknya. “Karena itu, di tahun ini kita setiap lulusan BBPLK itu, diadakan uji kompetensi secara langsung, jadi begitu para peserta pelatihan selesai, mereka mendapatkan dua sertifikat, yakni pertama sertifikat pelatihan dan sertifikat uji kompetensi dari BNSP,” terangnya.

Dengan dua sertifikat tersebut, Rika berharap, nantinya para peserta pelatihan dapat langsung memasuki dunia kerja. “Ada perusahaan yang mencari pekerja itu, berdasarkan hasil uji kompetensi yang telah dilalui peserta, sehingga ketika para peserta ini lulus, berarti mereka sudah berkomepeten di bidangnya,” harapnya.

Sementara, Anggota DPD RI Hendri Zainuddin mengatakan, dirinya sudah mendengar banyak program Kementerian Tenaga Kerja, dalam hal ini pelatihan Boarding, yang dinilai sangat baik dalam hal mengurangi tingkat pengangguran.

“Kegiatan seperti inilah yang harus di dukung penuh, karena majunya suatu kota, dapat dilihat Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Dan program inilah salahsatu cara untuk melatih Pencari Kerja (Pencaker) yang lebih berkompeten di bidangnya,” serunya.

Terpisah, Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Pagaralam Drs M Isa Albasyarah MSi melalui Kepala UPTD LLK Kota Pagaralam Diego Ossolino SH MAp didampingi Tenaga Instruktur Armansyah mengakui, pihaknya sangat berterima kasih kepada Kementerian Tenaga Kerja, telah melaksanakan pelatihan Boarding ini.

“Kita juga meminta dukungan masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) dan legislatif, agar bisa lebih melirik ke arah pengembangan SDM ini, karena bagaimana pun juga baik itu pengembangan infrastruktur dan SDM haruslah seimbang, dengan SDM yang berkualitas tentu lapangan kerja terbuka, SDM kompeten pun bisa terpakai,” harapnya. (gud)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi