Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : DP     Tanggal : 25 Juni 2018 10:48     Dibaca: 74 Pembaca

Erdogan Menangkan Putaran Pertama Pilpres Turki

Recep Tayyip Erdogan (Istimewa)

Detik Sumsel -- Pemimpin lama Turki, Recep Tayyip Erdogan, berhasil memenangkan putaran pertama pemilu presiden di negara itu.

Kepala otoritas pemilu setempat, Sadi Guven, mengatakan Erdogan Sadi Guven mengatakan presiden 'menerima mayoritas mutlak dari semua suara sah', tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Dikutip dari BBC pada Senin (25/06), laporan media setempat menyebut Erdogan berhasil meraih 53 persen dari total 99 persen suara yang dihitung. Persentase tersebut cukup jauh di atas pesaing terdekatnya, Muharrem Ince, sebanyak 31 persen.

Pihak oposisi belum secara resmi mengakui hasil pemilu tersebut, dan mengatakan akan melanjutkan perjuangan demokrasi mereka, "apa pun hasilnya".

Adapun pengumuman resmi dari otoritas pemilu setempat akan dirilis pada 29 Juni mendatang.

Selain memenangkan putaran pertama pemilu presiden, Erdogan juga mengabarkan aliansi Partai AK --partai yang menaungi dirinya-- turut meraih suara mayoritas di parlemen.

"Turki telah memberikan pelajaran baru tentang demokrasi ke seluruh dunia," kata Erdogan.

Di bawah konstitusi baru Turki, yang akan berlaku setelah pemilu terkait, presiden akan memegang kekuasaan cukup besar.

Para kritikus berpendapat peningkatan peran tersebut akan menyebabkan terlalu banyak kekuatan terkumpul di tangan satu orang. Hal itu berarti Turki tidak memiliki 'checks and balances' dari pemangku jabatan eksekutif lainnya, seperti yang diaplikasikan di Perancis atau Amerika Serikat.

Kantor berita resmi Turki, Anadolu, melaporkan, dalam total 96 persen penghitungan awal, Partai AK berhasil memimpin dengan 42 persen suara, di mana hampir setengah dari raihan pihak oposisi sebanyak 23 persen.

Meski begitu, otoritas pemilu Turki menegaskan bahwa Partai HDP yang pro-Kurdi, telah mencapai ambang batas 10 persen yang diperlukan untuk memasuki parlemen Turki. 

Hasil tersebut telah diprediksi oleh para pengamat, yang memeringatkan kian kuatnya eksistensi HDP akan membuat aliansi partai pendukung Erdogan lebh sulit mencapai suara mayoritas, meski faktanya saat ini 'gerombolan sang presiden' telah berada di jalur positif.

Di sisi lain, ada laporan pesaing terdekatnya, Ince, telah mengakui kekalahan dalam sebuah pesan untuk seorang wartawan, meski ini belum dikonfirmasi.

Sebelumnya, pada hari Minggu, 24 Juni, Ince menuduh kantor berita Anadolu melakukan "manipulasi" atas pelaporannya tentang angka-angka pembagian suara.

Sayangnya, dia enggan mengkonfirmasi pertanyaan media terhadap isu tersebut, dan mengatakan hanya akan berkomentar ketika hasil resmi diumumkan pada Jumat nanti. (Net)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi