Diposting oleh : Deddy Gusrizal     Tanggal : 18 Agustus 2017 23:08     Dibaca: 207 Pembaca

Evakuasi 3 Pendaki Hypo Begini Kata Basarnas

Tim SAR ketika mengevakuasi para pendaki gunung Dempo yang terkena hipotermia

Pagar Alam, Detik Sumsel - Nasib nahas juga Menimpa tiga orang pendaki lain. Gara-gara terkena hipotermia 3 pendaki Gunung Dempo Pagaralam gagal mencapai puncak gunung Dempo. Ketiga pendaki ini mengalami penurunan suhu badan saat berada di Shelter II. Beruntung pendaki asal kecamatan Dempo Utara ini berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan.

Koordinator Pos SAR Pagaralam, Iwan Setiawan menjelaskan, Ketiga pendaki di ketahui bernama Pipi Lestari (17) warga dusun Gunung Agung Tengah kelurahan Agung Lawangan, Pedro Martinus (17) warga dusun Gunung Agung Pauh Kelurahan Agung Lawangan dan Oktia warga dusun Bumi Agung Kelurahan Bumi Agung (16). Ketiganya tercatat merupakan siswa SMA negeri 3 Pagaralam. "Ketiga pendaki muda itu melakukan pendakian bersama 25 orang rekannya pada Kamis (17/8) sekitar pukul 14.00 WIB guna merayakan hari kemerdekaan RI. Mereka menggunakan jalur pendakian Rimau. Sesampai di shelter II sekitar pukul 17.30 WIB, tiga dari 28 pendaki tersebut terkena hipotermia," jelasnya.

Ditambahkannya, setelah itu korban memutuskan untuk memberikan pertolongan pertama. Namun, kondisi korban tak jua membaik. “Akhirnya mereka memutuskan meminta bantuan. Sehingga beberapa pendaki ditunjuk untuk mencari pertolongan di Tugu Rimau," tambahnya.

Setelah keadaan korban cukup membaik lanjut Iwan, tim SAR langsung mengevakuasi korban menuju Tugu Rimau. Pada Jum’at dinihari sekitar pukul 00.30 WIB, para korban dibawa ke RSD Besemah untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut dari dokter.

Iwan menduga, faktor cuaca ekstrim menyebabkan pendaki menjadi Hypotermia. "Saat pendakian berlangsung, hujan terus mengguyur, inilah membuat yang membuat kondisi tiga korban menjadi menurun, untuk itu para pendaki sebelum melakukan pendakian hendaknya memperhatikan betul kondisi fisiknya," katanya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 3 Pagaralam Naharudin SPd MPd sangat menyayangkan peristiwa yang menimpa muridnya, dan segera memanggil siswa tersebut. “Kalau sudah tahu pendakian ditutup, jangan mendaki, dan segera kita panggil siswa tersebut untuk mengetahui kejadian yang sebenarnya, serta memastikan apakah 28 orang yang mendaki semuanya siswa dari SMAN 3,” ujarnya saat di konfirmasi (18/8).(Gud)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi