Diposting oleh : Deddy Gusrizal     Tanggal : 13 Agustus 2017 15:17     Dibaca: 154 Pembaca

Gempa Bengkulu Utara Goyang Pagaralam

Istiewa

PAGARALAM,Detik Sumsel – Pada pukul 10:08:10 WIB, Minggu 13 Agustus 2017, Pagaralam digoyang gempa berkekuatan 6.6 skala Richter (SR). Durasi gempa hampir lebih dari 1 menit tersebut sempat membuat panik sebagian warga yang berhamburan keluar dari dalam rumah masing-masing.

“Wah, lumayan besar dan lama gempa kali ini. Kira-kira di mana pusatnya, ya,” seru Ahmad, salah seorang warga Simpang Pematang Bango, tadinya membersihkan mobil di pekarangan rumah, langsung keluar ke arah jalan, menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Sementara laporan dari alat Seismograf di Pos Pemantau Gunung Api Dempo dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mencatat pusat gempa terjadi sektar 71 km Barat Daya Bengkulu Utara, 3.75 LS (Lintang Selatan) - 101.56 BT (Bujur Timur), pada kedalaman 10 km, namun tidak berpotensi Tsunami.

Menurut Ketua Pos Pemantau GAD, Mulyadi, aktivitas kegempaan terhitung sejak sepekan terakhir, sebenarnya menurun. Ini ditandai dengan minimnya terjadi kegempaan yang terekam alat seismograf, seperti tremor terkadang menghilang. Bahkan hari ini (kemarin, 13/8) baru terekam 1 (satu) Tektonik Jauh. Sedangkan tektonik lokal maupun embusan di puncak kawah merapi nihil.

“Ya, meski sebenarnya memang sejak sepekan belakang jarang sekali terjadi aktivitas kegempaan. Untuk saat ini, gempa di Barat Daya Bengkulu tidak berpengaruh pada aktivitas GAD. Namun kita belum bisa memprediksi cuaca/alam, termasuk pula kekinian kondisi kawasan puncak GAD sebagai gunung tertinggi di Sumatera Selatan ini,” terangnya. (gud)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi