Iklan Lucianty Pahri
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Firwanto M Isa     Tanggal : 14 Juni 2018 08:07     Dibaca: 163 Pembaca

Gerakan Idul Fitri Tanpa Sampah Koran

Tampak kepala Dinas Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga memasang DP di media sosial mendukung gerakan Idul Fitri tanpa sampah koran (ist)

Palembang, Detik Sumsel-Hari Raya Idul Fitri akan dirayakan oleh umat Islam Seluruh dunia, termasuk umat muslim di Palembang, diawali dengan shalat Idul Fitri, biasanya umat mislim berbondong-bondong ke Masjid, Musholah, Surau atau lapangan terbuka untuk melaksanakan sholat Idul Id.

Karena masjid tidak dapat menampung jemaah, kebiasaan umat muslim Palenbang membentang sajadah yang di alasi koran bekas dan sudah menjadi hal biasa kalau usai sholat Id korannya di tinggal.

Berdasarkan hal tersebut Komunitas Turun Tangan Palembang membuat gerakan untuk #IdulFitriTanpaSampah karena prihatin dari tahun ke tahun setiap sudah sholat Ied pasti sampah koran banyak yang cukup banyak.

"Padahal yang bawa koran itu punya tanggung jawab untuk bawa balik lagi dan tidak ditinggalkan begitu saja.Jangan cuma berpikir, karena ada petugas kebersihan, jadi mau seenaknya aja ninggalin koran yang abis dipake. Apalagi saat sholat Ied di Masjid Agung, setelah sholat banyak sampah koran, Sampah koran ini mengurangi keindahan Masjid Agung sebagai ikon kota Palembang," Ungkap Hardi Humas Turun Tangan Palembang saat di hubungi Kamis (13/6)

Selama dua hari menjelang sholat Id, komunitas ini mengajak untuk ikut gerakan #IdulFitriTanpaSampah untuk sosialisasi di media sosial untuk mendapatkan relawan-relawan untuk di tempatkan beberapa titik shalat Id di Palembang

"Gerakke relawannya salah satunya lewat media sosial mereka dengan memasang twibbon itu, mereka sudah partisipasi untuk mengingatkan masyarakat peduli menjaga kebersihan saat sudah selesai sholat Ied," Ucapnya.

Pantauan Detik Sumsel di media sosial baik Facebook, Instagram, Twitter dan status Whatshapp banyak yang pasanf DP dengan hastag IdulFitriTanpaSampah, salah satunya kepala dinas pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga juga memasang DP tersebut.

"Yang ini semua ide para komunitas yang prihatin terhadap sampah usai shalat Id, saya mendukunf gerakan ini karena kita inginkan sumsel bersih, dengan digerakan di medsos diharapkan banyak yang tergerak untuk menjadi relawan untuk memungut sampah," Ucapnya (fir)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi