Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Heru Senovlan     Tanggal : 12 Juli 2018 21:07     Dibaca: 210 Pembaca

Geruduk Kantor Gakkumdu Lahat Ini Tuntutan Pendemo

Istimewa

Lahat, Detik Sumsel -- Masa yang mengatasnamakan Gerakan Masyarakat Anti Politic Uang, Kamis (12/7) kembali menggeruduk Sekretariat Gakkumdu, dan Mapolres Lahat. 

Untuk memaksa Gakkumdu bekerja lebih cepat dan transparan, juga meminta aparat kepolisian segera menangkap para pelaku dugaan money politik.

Setidaknya dalam orasi yang disampaikan oleh Saryono, koordinator lapangan, ada enam tuntutan yang disampaikan. Salah satunya mendesak pihak berwenang memeriksa Gakkumdu Lahat, karena dinilai tidak mampu menjadi pioner pemberantasan penjahat Money Politik.

"Laporan sudah ada, saksi, pelaku, dan barang bukti juga ada. Kenapa Gakkumdu seakan lamban dan tidak transfaran, dalam mengusut perkara ini," sampai Saryono.

Sementara itu, Hilal, dalam orasinya meminta kepada salah satu anggota Panwaslu, untuk membongkar, dan disampaikan secara jelas dan tertulis ke publik. Terkait ucapan ada yang ingin menyogok uang Rp 200 juta, untuk memenangkan paslon tertentu pada Pilkada Lahat.

"Kalau besok, Jumat (13/7) Gakkumdu tidak memberikan pernyataan tertulis, kantor Gakkumdu akan kita segel," tegas Hilal.

Disisi lain, Ketua Gakkumdu Lahat, Sepsata Andrean SE menerangkan, saat ini ada 32 laporan yang masuk ke pihaknya, 23 laporan sudah terregister sementara sembilan laporan tidak penuhi unsur. Terkait pernyataan adanya upaya penyogokan, itu statmen personal dari Andra Juarsyah, selaku komesioner Panwaslu, bukan dari Gakumdu.

"Saat itu ada masa datang dan menanyakan kinerja Gakumdu. Andra lalu bilang, kami sudah berkerja sesuai aturan. Kalau kami mau uang, ada oknum DA yang ingin berikan kami uang Rp200 juta, dan meminta kami meluluskanya saat pencalonan Bupati Lahat beberapa waktu lalu," terang Sepsata, setalah mendapat klarivikasi dari Andra Juarsya.

Ditanya terkait tuntutan keseluruhan massa, juga terkait permintaan pernyataan tertulis, Sepsata berjanji akan menjawab semuanya secara tertulis, sesuai keinginan masa.

"Kita akan jawab besok, Jumat (13/7) besok, sesuai keinginan masa," tegas Sepsata singkat. (heru).

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi