Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : DP     Tanggal : 18 Mei 2017 11:32     Dibaca: 490 Pembaca

Hacker "WannaCry" Ancam Beberkan Rahasia Nuklir Korut

Ilustrasi serangan ransomware WannaCry (Istimewa)

DETIK SUMSEL - Sekelompok peretas (hacker) mengklaim mereka bertanggungjawab atas serangan siber ransonware WannaCry yang merebak di seluruh dunia mulai pada Jumat (12/5/2017) pekan lalu.

Baru-baru ini, kelompok tersebut membuat pernyataan mereka akan segera membeberkan data terkait dengan program nuklir dan rudal Korea Utara.

Kelompok itu bernama Shadow Brokers.  Mereka membuat pernyataan tersebut di sebuah blog. Selain mengancam beberkan data program nuklir Korut, mereka akan membeberkan informasi serupa terkait persenjataan Rusia, China, dan Iran.

Seperti dikutip dari UPI pada Kamis (18/5/2017), pengumuman yang terbit pada Selasa lalu menambah kisruh dalam kisah serangan siber global itu. Sebelumnya,  Kaspersky Labs dari Rusia menuding keterlibatan Korea Utara.

Dalam bahasa Inggris yang kurang cermat, kelompok itu mengatakan bahwa para pengguna yang penasaran akan data nuklir Korut  dapat melakukan akses data melalui langganan berbayar bulanan.

Demikian bunyinya, "Setiap bulan, orang dapat membayar iuran keanggotaan, kemudian mendapatkan limpahan data khusus untuk anggota. Apa yang dilakukan pelanggan dengan data itu adalah urusan masing-masing anggota."

Sementara itu, para pakar keamanan siber (cybersecurity) mengatakan, pembayaran "tebusan" bitcoin yang diminta hacker agar file-file komputer kembali dibuka, tidak menyebabkan pemulihan file-file komputer yang dimaksud.

Sejauh ini, menurut laporan tersebut, para penyerang telah meraup uang tebusan senilai US$ 70 ribu dari seluruh dunia. (net) 

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi