Iklan Lucianty Pahri
Pemerintah Kabupaten Banyuasin
Diposting oleh : Wirangga     Tanggal : 08 Maret 2018 18:39     Dibaca: 289 Pembaca

Hadapi Kemajuan Teknologi, UIGM Gelar Roadshow Seminar dan Workshop

Foto bersama usai kegiatan roadshow Seminar dan Workshop, Kamis (08/03).

Palembang, Detik Sumsel - Dalam mewujudkan visi pendidikan tinggi yang bermutu serta kemampuan Iptek dan inovasi dalam rangka mendukung daya saing bangsa, Direktorat Pembelajaran secara terus menerus berupaya meningkatkan akses relevansi dan mutu pendidikan tinggi.

Dalam rangka mewujudkan visi tersebut, sejak tahun 2014 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi melalui Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, telah melakukan rintisan penerapan pembelajaran daring.

Penerapan pembelajaran daring tersebut dikenal dengan nama Sistem Pembelajaran Daring Indonesia Terbuka dan Terpadu (SPADA Indonesia) yang bertujuan untuk  meningkatkan akses belajar mahasiswa terhadap mata kuliah bermutu dari dosen-dosen Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di seluruh Indonesia.

Untuk itu, Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer (APTIKOM), Ristekdikti, Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) menggelar roadshow Seminar dan Workshop dengan tema "Implementasi Open Distance Learning (ODL) di Perguruan Tinggi". Sedikitnya 100 dosen se-Sumsel hadir dalam kegiatan Seminar dan Workshop SPADA Sistem Pembelajaran Daring Indonesia yang diadakan di Kampus UIGM Palembang tersebut.

Dijelaskan Ketua Pelaksana Kegiatan yang juga merupakan dosen dari Kampus UIGM, Dr Herri Setiawan MKom, tujuan kegiatan tersebut yaitu untuk memahami teknologi yang saat ini telah ada, terutama bagi teknologi informasi. Pergerakan percepatan proses teknologi itulah yang menurutnya harus diantisipasi terutama yang berhubungan dengan dunia pendidikan.

"Contoh sederhana, kalau dulu belum ada internet dan keterbatasan kita untuk mengakses informasi di perkuliahan, mau tidak mau harus bertatap muka. Nah dengan teknologi, antar pengajar dan diajar itu kan bisa pada tempat yang berbeda, tetapi tentu saja itu semua ditunjang dengan teknologi. Itulah yang kita lakukan dalam Pelatihan dan Workshop tersebut," jelasnya kepada Detik Sumsel, Kamis (08/03).

Pihaknya membatasi jumlah peserta yaitu dengan jumlah kurang lebih 100 peserta. "Para peserta yang hadir tersebut merupakan perwakilan-perwakilan dari Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta APTISI Sumatera Selatan, bersama APTIKOM, karena kita berhubungan dengan teknologi. Itulah kita undang pengurus inti dengan pimpinan yang diwakili oleh Ketua, Rektor atau Wakil Rektor dari perguruan tinggi tersebut," jelasnya.

Hadir dalam Roadshow Seminar dan Workshop tersebut, Ketua APTIKOM Pusat, Prof Zainal Hasibuan PhD selaku marasumber, Dr (Can) Rangga Firdaus MKom dan Dr Herri Setiawan MKom yang juga selaku Ketua Pelaksana kegiatan. (Wira)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi