Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Heru Senovlan     Tanggal : 01 Juli 2018 19:41     Dibaca: 125 Pembaca

Hama Kepi Serang Tanaman Padi, Petani Gusar

Istimewa

Lahat, Detik Sumsel -- Hama kepik kembali membuat petani garut-garut kepala. Seperti yang terjadi di Kecamatan Pulau Pinang, Lahat, puluhan hektar tanaman padi berumur dua bulan mulai diserang hama kepik. Petani gusar, bila tidak cepat ditangani, serangan hama ini menyebabkan biji padi jadi hampa.

Mihani (51), petani di Desa Tanjung Sirih, Kecamatan Pulau Pinang ini mengatakan, sebagai besar warga di Kecamatan Pulau Pinang, menggantungkan hidup dari hasil sawah. Mengingat saat ini, harga karet tidak pernah bangkit lagi sejak beberapa tahun terakhir.

"Kami minta adanya bantuan dari pemerintah, untuk turun langsung mencarikan solusi membasmi hama kepik. Kalau mau mengandalkan balam (karet), tidak ada hasil," ujar Mihani, Minggu (1/7).

Rasa khawatir juga dirasakan, Irwan (40), petani padi setempat menuturkan, dirinya bersama petani lain sudah melakukan upaya sebisa mungkin mengusir hama kepik. Dengan cara menyeprotkan pestisida, hanya saja masih belum memuahkan hasil.

"Kalau tidak cepat ditangani, bisa dipastikan gagal panen. Kondisi ini sudah kita sampaikan pada penyuluh pertanian, untuk itu kami minta pemerintah bisa cepat tanggap," tutur Irwan. (heru).

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi