Diposting oleh : Deddy Gusrizal     Tanggal : 26 Desember 2016 22:40     Dibaca: 190 Pembaca

Harga Bahan Pokok Naik 10%

Pedagang Sembako melayani konsumen membeli beras, di tengah harga jual yang mulai mengalami kenaikan.

 

Pagaralam, Detik Sumsel – Jelang pergantian tahun baru harga sejumlah bahan pokok di pasar tradisional Kota Pagaralam sudah mulai mengalami kenaikan. Bahan pokok yang mengalami kenaikan paling mencolok yakni gula, minyak goreng curah dan telur. 

Berdasarkan data diperoleh dari pedagang pasar, harga gula naik dari harga Rp12 ribu per kilogram, kini menjadi Rp13 ribu per kilogram, minyak goreng curah sebelumnya dijual Rp12 ribu per kilogram, naik menjadi Rp13 ribu per kilogram. Sedangkan telur, sempat pada harga Rp35 ribu per karpet, saat ini sudah dijual Rp40 ribu per karpet. 

“Ya, menjelang pergantian tahun, harga bahan pokok perlahan mulai merangkak naik. Kenaikan yang paling mencolok yakni gula, minyak goreng curah dan telur,” ujar Joko, salah seorang pedagang Sembako di Pasar Terminal Nendagung, kemarin. 

Kenaikan harga bahan pokok ini, sebut Joko, dapat dilihat dari harga gula, dari Rp12 ribu per kilogram menjadi Rp13 ribu per kilogram, minyak goreng curah sebelumnya dijual Rp12 ribu per kilogram, naik menjadi Rp13 ribu per kilogram. Begitupula telur, sempat di harga Rp35 ribu per karpet, saat ini sudah dijual Rp40 ribu per karpet. “Bisa dibilang kenaikan bahan pokok ini berkisar 10%, termasuk juga beras. Kenaikan harga terendahnya Rp1.000 per kilogram. Dari harga Rp9 ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp10 ribu per kilogram,” papar Joko. 

Diakui Joko, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, kenaikan harga bahan pokok seperti ini kerapkali terjadi, baik itu jelang natal, pergantian tahun maupun lebaran. “Kita nilai kenaikan bahan pokok merupakan hal yang sangat wajar. Memang terjadi pada momen-momen tertentu yang menjadikan permintaan bahan pokok meningkat,” terangnya. 

Sementara itu, Kepala Disperindagkop UKM dan PP Kota Pagaralam, Drs Marjohan Dera MPd mengatakan, jelang natal dan tahun baru serta hari raya keagamaan lainnya, itu selalu memicu kenaikan harga karena permintaan yang meningkat. “Mendekati Natal dan tahun baru memang begitu berpengaruh dengan harga bahan pokok. Kenaikan harga bahan pokok masih stabil. Mungkin setelah tahun baru harga pun kembali turun,” jelas Marjohan. (vhan)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi