Sukseskan 48 Pilkades Serentak di Kabupaten Banyuasin menggunakan e-Voting
Diposting oleh : Butet Kertaradjasa     Tanggal : 07 November 2017 12:00     Dibaca: 163 Pembaca

Harga Karet Anjlok Pengaruhi Jumlah Mahasiswa Baru di PTS

Ilustrasi

Palembang, Detik Sumsel- Harga karet yang sempat anjlok belakangan ini ternyata tidak hanya berimbas kepada nasib petani karet, rupanya juga berimbas ke  menyurutnya jumlah mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi swasta (PTS).

Hal ini diungkapkan Koordinator Kopertis Wilayah II Sumbagsel-Babel, Prof Dr Slamet Widodo MS MM. Ia mengatakan, tahun 2017 ini jumlah mahasiswa PTS dibawah naungan Kopertis Wilayah II Sumbagsel-Babel rata-rata menurun hingga 60 persen, dan jumlah penurunan tersebut sangat drastis dibandingkan penerimaan mahasiswa baru di tahun-tahun sebelumnya.

”Ya, salah satu penyebab turunnya  jumlah mahasiswa baru di PTS ini karena harga karet anjlok, jadi petani karet di daerah-daerah wilayah Sumsel ini tidak sanggup melanjutkan pendidikan anak mereka ke jenjang perguruan tinggi,” kata Prof Slamet Widodo kepada Detik Sumsel beberapa waktu lalu.

Dikatakan, pihak Kopertis wilayah II sudah menyiapkan kuota beasiswa bidikmisi untuk menyiasati penurunan jumlah mahasiswa baru di PTS. ”Tahun ini kami sebar 800 kuota bidikmisi untuk mahasiswa PTS, dengan harapan mahasiswa yang berprestasi namun tidak mampu dari sisi ekonomi tidak mampu tetap bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi khususnya perguruan tinggi swasta,” katanya.

Ia menambahkan, kuota bidikmisi tahun 2017 ini meningkat dibandingkan tahun 2016, oleh sebab itu pihak Kopertis Wilayah II berharap penyebaran kuota bidikmisi ini bisa merata dan menyasar ke mahasiswa yang berasal dari keluarga pra sejahtera. ”Ya, kalau tidak di support nanti khawatir akan banyak mahasiswa yang tidak bisa lanjut kuliah, program beasiswa bidikmisi ini dinilai sangat efektif untuk mencegah hal tersebut,” ungkapnya.

Slamet berharap. Perusahaan-perusahaan bisa lebih pro aktif dalam penyaluran dana CSR untuk program beasiswa di perguruan tinggi swasta. ”Semakin banyak beasiswa, maka semakin banyak pula mahasiswa yang bisa lanjut kuliah dan meneruskan pendidikan,” pungkasnya. (tet)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi