Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Maya     Tanggal : 02 Juli 2018 17:23     Dibaca: 240 Pembaca

Harga Pertamax Naik Lagi, Ini Penyebabnya

Detik Sumsel/Tohir - Salah satu SPBU di Palembang, Senin (02/07). Sejak 1 Juli kemarin, sejumlah BBM non subsidi kembali mengalami kenaikan harga.

Palembang, Detik Sumsel - Terhitung 1 Juli kemarin Pertamina kembali menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) komersial jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dex, dan Dexlite, dengan rata-rata kenaikan sebesar Rp 600 sampai Rp 900 per liter.

Selama tujuh bulan terakhir ini, kenaikan harga BBM non subsidi ini sudah tiga kali terjadi. Terakhir kenaikan di awal Mei harga Pertamax Rp 8.900 per liter, Pertamax Turbo Rp 10.150, dan Pertamina Dex Rp 8.100.

"Memang ada kenaikan harga untuk BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Pertamina Dexlite. Kenaikan ini untuk menyesuaikan dengan harga minyak dunia terus mengalami kenaikan, dan melemahnya harga nilai tukar Rupiah terhadap US dollar," jelas Region Manager Communication & CSR Sumbagsel, Hermansyah Y Nasroen, ketika dihubungi Detik Sumsel, Senin (02/07). 

Ia menambahkan, penentuan kenaikan harga BBM ditentukan secara nasional, dan sebagai badan usaha, kenaikan mengaju pada peraturan Menteri ESDM No 34 tahun 2018, perubahan kelima atas peraturan Menteri energi dan sumber daya minerak Nomor 39 tajun 2014 tentang perhitungan harga jual eceran BBM.

"Sampai saat ini kita belum bisa memastikan apakah akan ada kenaikan harga BBM komersial kembali, karena harga minyak terus bergerak setiap saat. Tapi kita yakin kenaikan harga ini tidak akan mempengaruhi daya beli konsumen, karena konsumen yang sudah menggunakan BBM dengan kualitas tinggi tidak akan beralih mengunakan Pertalite," ungkapnya.

Ia menambahkan, kenaikan harga rata-rata Rp 600 sampai Rp 900 per liter, seperti untuk Pertamax dari Rp 8.900 menjadi Rp 9.700, Pertamax Turbo dari Rp 10.150 menjadi Rp 10.900, Pertamina Dex Rp 10.750. Sementara untuk Pertalite tidak ada kenaikan tetap Rp 8.000 per liter begitupun Solar dan Premium.

"Penyesuaian harga ini juga dalam rangka Pertamina tetap bisa bertahan untuk menyediakan BBM dengan pasokan yang cukup sesuai kebutuhan secara terus menerus sehingga tidak mengganggu konsumen dalam beraktivitas sehari-hari dimanapun," katanya.
 
Pertamina juga mengapresiasi masyarakat yang setia menggunakan BBM berkualitas, ramah lingkungan, dan sesuai dengan spesifikasi kendaraannya. Karena itu perubahan harga BBM Pertamax Series  dan Dex Series, masih lebih kompetitif. Dengan menggunakan BBM berkualitas tentunya kendaraannya akan menjadi lebih baik dan juga ikut dalam menciptakan kualitas udara yg lebih baik. (May)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi