Situs Berita Detik Sumsel
Situs Berita Detik Sumsel
Diposting oleh : Wirangga     Tanggal : 12 Januari 2018 18:22     Dibaca: 220 Pembaca

Hari Kedua One Way, Mahasiswa : Gak Macet Sih, Tapi...

Tampak seorang polisi menghentikan pengendara roda empat yang nekad menerobos jalur untuk menginformasikan terkait sistem uji coba one way di depan Kampus Unsri Bukit Palembang, Jumat (12/1/2018).

Palembang, Detik Sumsel - Hari kedua penerapan uji coba sistem satu arah (one way) yang berlokasi di kawasan Jalan Srijaya Negara dan Jalan Padang Selasa, Kelurahan Bukit Lama Kecamatan Ilir Barat I yang telah diinformasikan akan dilakukan selama satu pekan, membuat timbulnya keluhan bagi para mahasiswa yang berkuliah di Kampus Universitas Sriwijaya (Unsri) Bukit Palembang.

Dimas (21), seorang mahasiswa Fakultas Teknik Unsri mengatakan, uji coba yang dilakukan oleh instansi terkait di kawasan Jl Srijaya Negara dan Jl Padang Selasa tersebut membuat dirinya harus menempuh jarah yang cukup jauh.

"Memang sih kalau untuk kemacetannya Alhamdulillah sudah agak lumayan, tapi kita yang kuliah ini jauh kalau muter, cukup memakan waktu juga sih," ungkapnya, Jumat (12/1/2018).

Senada disampaikan Nanda (18), dirinya saat hendak berangkat ke kampusnya tersebut harus menempuh rute lebih jauh. Nanda yang tinggal di kawasan dari Jalan Kapten A Rivai mengatakn, dirinya harus memutar terlebih dahulu menuju Jalan Padang Selasa. Tidak hanya itu, kalau diterapkan sistem satu arah di kawasan tersebut, dirasa kurang pas, lantaran penumpukan kendaraan hanya terjadi pada jam-jam tertentu, misalnya pagi, siang hingga sore hari.

"Kalau hanya sistem buka tutup jalan boleh lah, tapi kalau diterapkan sistem one way dirasa kurang pas. Memang di kawasan ini menjadi cukup lancar, namun  penumpukan kendaraannya  jadi perpindahan dan memakan waktu lama bagi kami masuk kampus apabila telah lewat waktu belajar," jelasnya.

Sebelumnya, Selasa (9/1/2018), Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, Agus mengatakan, untuk menerapkan sistem one di Jalan Srijaya Negara dan Jalan Padang Selasa ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian melalui pembahasan rapat forum lalu lintas Kota Palembang serta pihak perguruan tinggi guna  mengatasi kemacetan di setiap persimpangan yang ada di sepanjang jalan tersebut.  

Menurut Agus, penerapan sistem satu arah ini, akan diujicobakan selama satu minggu mulai Kamis hingga satu minggu ke depan. Dimana, apabila hasil evalusi menunjukkan perubahan, tidak menutup kemungkinan akan diterapkan secara permanen.

"Semoga dengan diterapkannya sistem satu arah ini, lalu lintas di setiap persimpangan Jalan Srijaya Negara dan Padang Selasa bisa mengalir dan tidak ada yang pengendara yang tersendat di sejumlah titik persimpangan sepanjang jalan tersebut," pungkasnya. (Wira)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi