Detik Sumsel Goes to Campus
Pemerintah Kabupaten Banyuasin
Diposting oleh : Wirangga     Tanggal : 05 Januari 2018 13:37     Dibaca: 211 Pembaca

Hentikan Penambahan Program Kenotariatan

Hentikan Penambahan Program Kenotariatan

Palembang, DetikSumsel- Kementerian Hukum dan HAM bakal mengeluarkan kebijakan menghentikan program kenotariatan. Hal ini menyusul banyaknya fenomena terkait jumlah Notaris yang semakin bertambah melebihi batas kewajaran.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Provinsi Sumsel Sukamta SH MH mengatakan, jumlah Notaris sudah melebihi pekerjaan Notaris yang Ideal. "Jadi sekarang sudah dikendalikan, tidak bisa menambah Program Kenotariatan, selain itu penerimaan juga akan dikurangi dan pada waktunya nanti akan dilakukan pemberhentian pendaftaran," kata Sukamta kepada wartawan, Jumat (5/1).

Dikatakan, selama ini penambahan Notaris tidak dapat ditolak oleh Pemerintah dikarenakan para Notaris telah memenuhi syarat jika telah menyelesaikan Program Pascasarjana (S2) Spesialis Notaris. "Hingga akhir tahun 2017 data kita ada 233 notaris. Sebagai Pejabat Umum, Notaris adalah pelayanan masyarakat, tapi uangnya nyari sendiri tidak digaji oleh pemerintah," katanya. 

Ia menghimbau, Notaris yang telah mendaftar dan telah sah dapat mencari lapangan usaha sendiri karena sudah masuk di dalam tanggung jawab masing-masing. "Itu merupakan persaingan alami, jadi siapa yang dipercaya masyarakat itulah yang mendapat lapangan kerja, kesempatan kerja serta penghasilan. Tetapi ternyata setelah dipikir, semakin banyak Notaris semakin banyak pula masalah di masyarakat," tukasnya. 

Untuk diketahui, Notaris merupakan istilah bagi pejabat umum yang berwenang dalam pembuayan akta otentik mengenai semua perbuatan, perjanjian, dan ketetapan yang diharuskan oleh peraturan perundang-undangan yang dikehendaki oleh yang berkepentingan untuk dinyatakan dalam akta otentik selain itu Notaris juga memiliki tugas dalam menjamin kepastian tanggal pembuatan akta serta menyimpan akta yang terkait. (Wira) 

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi