Diposting oleh : Deddy Gusrizal     Tanggal : 14 Juni 2017 22:47     Dibaca: 153 Pembaca

Hitungan Jam, Ribuan Paket Sembako Murah Ludes

Foto Istimewa

Pagaralam, Detik Sumsel – Ratusan paket sembako murah dijual Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) UKM dan PP Kota Pagaralam, dalam kegiatan Pasar Murah 1438 H yang berlokasi di Pasar Penyangga Alun-alun Selatan, Kelurahan Nendagung, Kecamatan Pagaralam Selatan, ludes terjual dalam hitungan jam, Kemarin.

Pantauan dilapangan, mendapati ratusan masyarakat yang telah ngantre kupon sembako murah, sudah sejak pagi pukul 07.00 WIB berada di sekitar lokasi pengambilan kupon, mereka rela berdesak-desakan agar kebagian paket sembako murah senilai Rp.48 ribu.

 “Alhamdulillah, saya bersyukur dan berterima kasih kepada panitia, telah mengadakan operasi Pasar Murah tahun ini, meski harus rela mengantre sejak pagi. Akhirnya, bisa membeli juga paket sembako dengan harga murah,” ujar Ningsih (37), seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) pengantre kupon sembako murah, kemarin.

Dikatakan Ningsih, untuk mendapatkan 1 paket sembako murah ini, dirinya pun harus membawa kupon yang dibeli dari panitia, dengan menebus seharga Rp.48 ribu, sedangkan buat paket telur ayam per karpet Rp28 ribu, serta harga beras Rp60 ribu untuk 10 kg.

“Bila kita hitung-hitung selisih hargnya, jika beli sembako di warung berkisar Rp15 ribu, semisal untuk harga gula Rp10 ribu di Pasar Murah, sedangkan di warung manisan mencapai Rp13 ribu per kilogram, begitu juga untuk telur di pasar Rp38 ribu per karpet, khusus harga di Pasar Murah hanya Rp28 ribu per karpet,” sebutnya.

Dengan keberadaan Pasar Murah, kata Ningsih, dirinya tentu merasa sangat terbantu, lebih lagi menjelang Lebaran Idul Fitri, harga sejumlah bahan pokok sudah mulai merangkak naik. “Kita senang dan sangat terbantu, tapi yang sulitnya itu, harus ngantre berdesak-desakan dengan warga lainnya,” keluhnya.

Sementara, Aan (38), seorang tukang ojek mengakui, keberadaan Pasar Murah yang digelar Pemkot Pagaralam, tidak hanya membantu warga, melainkan juga dirinya serta rekan seprofesinya. “Dengan keberadaan Pasar Murah ini, kita jadi lebih banyak tarikan, terkadang dalam waktu kurang dari 1 jam, sudah ada 3 kali mengantar penumpang. Selain beramal juga kita mendapatkan rezeki,” ujarnya.

Kepala Disperindagkop UKM dan PP Kota Pagaralam Gindo Simanjuntak SST melalui Kabid Perdagangan Rano Fahlesi SE MSi mengatakan, jika pasar murah 1438 H diadakan ini, untuk intervensi harga karena ada pola peningkatan konsumsi warga, menghadapi idul firtri, serta memenuhi kebutuhan masyarakat yang kurang mampu.

“Bentuk kegiatan perhatian Pemkot Pagaralam terhadap masyarakat Dan di tahun ini, kita mendapatkan bantuan dari PTPN 7 Kota Pagaralam, berupa gula pasir kemasan sederhana, permintaan gula meningkat jelang lebaran, untuk pembuatan kue dan lain-lain,” terangnya.

Untuk harga sembako di Pasar Murah 2017, sambung Rano, yakni daftar bahan pokok terdiri dari 1. Gula pasir (2kg x Rp10.500) Rp21.000, 2. Minyak Goreng (2 liter x Rp10.750) Rp.21.500 dan 3. Gandum (1KG X Rp5.500) Rp5.500 atau total untuk paket sembako murah sebesar Rp.48.000.

Sedangkan khusus telur 1 karpet dijual Rp28.000, begitu juga dengan beras 10kg dijual di harga Rp60.000. “Dalam pengambilan kupon paket ini, kita mita kepada masyarakat, untuk membayar dengan uang pas,” tandasnya. (dio)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi