Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Darfian Mahar jaya     Tanggal : 05 Juli 2018 14:39     Dibaca: 88 Pembaca

HUT Bhayangkara, Polres OKI Gelar Baksos Donor Darah

Istimewa

Kayuagung, Detik Sumsel -- Menindaklanjuti kekosongan stok darah yang tersedia di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Kepolisian Resor (Polres) OKI menggelar bakti kesehatan berupa donor darah di Mapolres OKI, Kamis (5/7).

Bakti kesehatan ini juga sekaligus dalam rangka peringatan hari Bhayangkara ke-72 Polres OKI. Kapolres OKI, AKBP Ade Haryanto SH., MH menegaskan, kegiatan donor darah ini merupakan salah satu bentuk kepedulian atau bakti sosial kepada masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Donor darah ini merupakan salah satu ibadah. Karena ada banyak masyarakat di luar sana yang membutuhkan," katanya.

Dalam aksi ini, lanjut Kapolres, pihaknya melibatkan seluruh jajaran Polres OKI dan polsek-polsek untuk melakukan donor darah.

"Diharapkan ini akan bermanfaat. Apalagi, informasinya stok darah di Kabupaten OKI mengalami kekurangan," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris PMI OKI, Sirni Lestari menjelaskan, pasca bulan Ramadhan lalu dirinya mengakui bahwa stok darah di Kabupaten OKI mengalami kekurangan.

"Puasa memang biasanya sedikit yang donor, jadi pasca puasa kita mengalami kekurangan stok darah," katanya.

Menurut dia, golongan darah yang banyak dibutuhkan adalah darah A, B dan O. "Golingan darah yang jarang dibutuhkan dan tidak ada stok ialah golongan darah AB," katanya.

Setelah itu, nanti akan dikumpulkan di bank darah di rumah sakit. Masa berlakunya biasanya maksimal satu bulan, tapi kerap belum sampai satu bulan sudah habis. (Iyan)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi