Iklan Lucianty Pahri
Pemerintah Kabupaten Banyuasin
Diposting oleh : DP     Tanggal : 08 April 2018 18:47     Dibaca: 178 Pembaca

IKBM Sumsel Gelar Pengukuhan dan Seminar Nasional

(Kaidah) Bidang Media dan Jurnlistik IKBM SUMSEL UIN Sunan Kalijaga

Yogyakarta, Detik Sumsel - Ikatan Keluarga Besar Mahasiswa (IKBM) Sumsel UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menggelar kegiatan Pengukuhan dan Seminar Nasional dengan tema "Menyegarkan Peradaban Gerakan Mahasiswa Sumatera Selatan".

Kegiatan  tersebut bertempat di Teaterikal Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada Kamis (05/04) lalu. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa lintas kampus, diantaranya UGM, UNY, UMY, AKPRIN, dan banyak lagi.

"Terima kasih kami sampaikan atas partisipasi seluruh pihak yang telah hadir dan menyukseskan acara pengukuhan dan Seminar Nasional tersebut. Tentu dalam penyelenggaraan ini terdapat banyak kesalahan dan kekurangan maka selaku mewakili panitia kami memohon maaf yang sebesar-besarnya, perlu kami sampaikan acara ini kami selenggarakan murni atas kemandirian pengurus dan warga," ucapnya.

Senada disampaikan Fitra Rizkikah selaku Ketua Umum IKBM SUMSEL dalam sambutannya.

"Adapun landasan pemikiran terlaksananya Pengukuhan dan Seminar Nasional, yakni pertama hasil keputusan diskursus pengurus dan warga IKBM yang merasa perlu adanya penyegaran tentang Peradaban Gerakan Mahasiswa Sumsel. Kedua sebagai upaya mengingatkan dan mengajak bersama-sama turut andil hadir dalam arus perubahan yang dimulai dari diri sendiri dan kelompok-kelompok tertentu," ucapnya.

Selain sambutan dari Ketua Panitia dan Ketua IKBM, terdapat pula sambutan dari Shohibul Kafi selaku Ketua Pembina IKBM Periode 2017-2018 sebelum pembacaan IKRAR Pengukuhan.

"Sebagai Pemuda dan Mahasiswa membaca kondisi secara obyektif, khususnya Sumsel adalah syarat untuk memposisikan arah pemikiran dan gerakan IKBM pun berlaku dalam kancah nasional. Dengannya berproses secara totalitas adalah sarana dasar untuk mampu memahami kondisi obyektif dan keterlibat aktif atas realitas yang terjadi. Membaca, diskusi, evaluasi, refleksi adalah metode handal untuk menghantar pemahaman dan kesuksesn dalam menjalankn rode kepemimpinan organisasi," ucapnya.

Selanjutnya, dilanjutkan dengan acara Seminar Nasional, adapun  yang menjadi Narasumber dalam acara ini adalah Komjen Pol (Purn) Drs H Susno Duadji, SH MSc dan Dr Phil Sahiron Syamsudin MA. Susno Duadji dalam acara ini menyampaikan 'Moral dan Intelektual Mahasiswa Energi Perubahan'.

Pertama mengungkapkan mahasiswa merupakan calon-calon pemimpin bangsa, karena itu harus mampu memberikan arah perubahan untuk bangsa ini. Kedua sejak mahasiswa harus total dan maksimal dalam menjalani dan mendedikasikan diri terhadap organisasi dan perkembangan pengetahuan dengan demikian adik-adik semua akan mampu andil dalam arus perubahan namun jika tidak maka adik-adik semua akan digilas oleh perubahan global itu sendiri. Ketiga Gerakan Mahasiswa harus mampu mengkritisi perkembangan daerah Sumsel dan menawarkan pandangan-pandangan yang bersifat membangun," tuturnya. (netizen)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi