Diposting oleh : Firwanto M Isa     Tanggal : 09 Mei 2017 14:36     Dibaca: 201 Pembaca

Industri Kecil belum Wajib Sertifikasi Standarisasi

Kepala Baristand Palembang, Quri Siti Mira Dhalia Pergiwati Sutejo

Palembang, Detik Sumsel - Balai Riset dan Standarisasi Industri (Baristand) Kota  Palembang memfasilitasi industri untuk pengujian hingga mendapatkan sertifikasi. Menurut Kepala Baristand Palembang Quri Siti Mira Dhalia Pergiwati Sutejo, secara umum ada dua fungsi Baristand.

“Fungsi pertama untuk penelitian dan pengembangan (litbang) dan yang kedua juga melayani servis kepada industri untuk pengujian produk, salah satunya dengan adanya laboratorium,” jelasnya pada detiksumsel.com di kantornya di Jl Perindustrian 2 Kebun Bunga, Selasa (9/5/2017).

Pelayanan jasa pengujian ini bisa untuk kepentingan industri bahan maupun produk.

“Ada banyak  jasa layanan untuk industri, salah satunya laboratorium. Kita melayani industri yang meminta untuk menguji produknya, kemudian ada lembaga sertifikasi produk , jika produk pada industri ingin diakui oleh SNI, bisa kita melakukan uji,” ungkap lulusan S2 Institut Teknologi Bandung ini. 

Quri menjelaskan, sertifikasi bertujuan agar suatu produk itu sesuai dengan standar yang ada. Menurutnya, ada SNI wajib yang harus diikuti oleh industri. Namun, ada pula jenis sertifikasi yang bersifat sukarela.

Jenis industri kecil tidak berkewajiban mendapatkan sertifikasi di Baristand. Hanya saja, jika industri tersebut sudah menjalankan sistem mutu ISO 9001, tetap diwajibkan mengurus sertifikasinya.

“Jika industri kecil belum menjalankan sistem mutu ISO 9001  bisa disertifikasi, bisa juga tidak. Karena tipe sertifikasi yang yang kita lakukan ialah tipe kelima, karena ada beberapa tipe yang dimiliki oleh Baristand,” pungkasnya. (fir)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi