Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : DP     Tanggal : 20 Juli 2017 11:28     Dibaca: 762 Pembaca

Ini Bahayanya Anak Tak Diimunisasi

Ilustrasi vaksinasi anak (Istimewa)

DETIK SUMSEL - Campak dan rubella, dua penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus.

Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti diare, radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan bahkan sampai kematian.

Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari iu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan.

Kecatatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital diantaranya meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian, dan keterlambatan berkembang.

Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk kedua penyakit ini. Satu vaksin mencegah dua penyakit sekaligus.

Menurunkan angka kesakitan, kecatatan dan kematian akibat penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I). Contohnya, polio, campak, hepatitis B, tetanus, pertusis, difteri, rubella, pneumonia, dan meningitis.

"Dengan imunisasi saat ini dapat mencegah 9 penyakit pada anak. Kita ingin mendapatkan eliminasi rubella pada 2020," ungkap Dr. H. Mohammad Subuh, MPPM, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta.

Masih menurutnya, pada usia 5-9 tahun insiden yang tertinggi dari penyakit campak. Ini bisa dilakukan pencegahannya sangat mudah dan murah. Karena imunisasi ini dapat bertahan selama seumur hidup. (net)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi