Iklan Lucianty Pahri
Pemerintah Kabupaten Banyuasin
Diposting oleh : Puji     Tanggal : 17 Mei 2018 11:45     Dibaca: 968 Pembaca

Ini Sederetan Harta Hasil Money Laundering Pengedar Narkoba

Barang bukti mobil hasil pencucian uang yang disita dari para pengedar narkoba jaringan Surabaya dan Palembang

Palembang, Detik Sumsel -- Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel berhasil mengungkap Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dari delapan pelaku pengedar narkoba jaringan Surabaya dan Palembang.

Selain mengamankan delapan orang tersangka, petugas juga menyita tujuh unit mobil mewah, satu unit Fuso, tujuh unit motor, puluhan handphone, buku tabungan, puluhan keping KTP elektronik.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengatakan terungkap nya TPPU ini berdasarkan hasil pengembangan yang dilakukan Ditresnarkoba Polda Sumsel terhadap hasil temuan 3,05 kilogram narkoba jenis sabu dan 4900 butir pil ekstasi dibandara International Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang beberapa waktu lalu.

"Waktu itu berhasil ditangkap empat orang tiga diantaranya ditembak mati, dari hasil pengembangan inilah Ditresnarkoba berhasil menangkap delapan orang yang semuanya warga Surabaya,"katanya saat press rilis tersangka dan barang bukti di Mapolda Sumsel, Kamis (17/5).

Ternyata setelah ditelusuri, dari hasil bisnis narkoba dari jaringan ini ditemukan uang mencapai lima miliar dari tabungan dari salah satu tersangka.

"Dengan adanya temuan ini para tersangka dikenakan Undang-undang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan menggandeng PPATK untuk memperkuat kasus TPPU nya,"jelasnya.

Dikatakannya, dengan ditemukannya aliran uang dengan jumlah miliaran rupiah dari rekening para pelaku membuktikan bahwa kejahatan narkotika kejahatan luar biasa (Extraordinary Crime) yang menguntungkan secara finansial.

"Selain itu para tersangka juga bagian dari sindikat pemalsuan identitas KTP elektronik dengan memalsukan identitas asli kedalam KTP,"pungkasnya.(oji) 

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi