Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Red     Tanggal : 11 Juli 2018 12:25     Dibaca: 567 Pembaca

Ini Tanggapan Pengamat Soal Transformasi Kepemimpinan Sumsel dari Alex ke Herman Deru

Pengamat Politik Sumsel, Dr M Syawaludin MA

Palembang, Detik Sumsel- Pasangan Herman Deru- Mawardi Yahya (HDMY) yang terpilih sebagai Gubernur dan wakil Gubernur Sumatera Selatan  (Sum-Sel) dalam pilkada 2018 berdasarkan rekapitulasi KPU Sumsel dinilai sangat mungkin berpotensi mendukung program presiden Joko Widodo (Jokowi). Pasalnya, program-program yang dicanangkan HDMY banyak kesamaan dan prioritas dengan program pemerintahan era Presiden Jokowi. 

"Paling tidak ada lima program yang semangatnya sama dengan pemerintahan Jokowi, yakni infrastruktur, transfortasi publik, ketenagakerjaan dan pengentasan kemiskinan, pendidikan, kesehatan, serta hilirisasi produk perkebunan dan pertanian," kata Pengamat Politik Sumsel, Dr M Syawaludin MA kepada Detik Sumsel, Rabu (11/7).

Dikatakan Syawal, dari Sembilan program yang dijanjikan oleh HDMY. Aspek Infrastruktur memang cukup vital untuk pembangunan di Sumatera-Selatan, peningkatan infrastruktur akan mempermudah arus angkut barang antar kota dan antar provinsi. 

"Pembangunan infrastruktur juga turut memberikan sumbangsih berharga di sektor pariwisata dan perekonomian masyarakat. Bahkan secara langsung akan menyentuh sumber mata pencarian dan sumber ekonomi rakyat di perdesaan," ungkapnya.  

Menurutnya, bagi pemimpin baru di Sumatera-Selatan ini, infrastruktur menjadi 'kata kunci' kemajuan daerah khususnya berkaitan dengan sektor hilirisasi produksi dan pertanian. "Bahkan pariwisata yang harus mendapatkan porsi lebih untuk dituntaskan," ulasnya. 

Meskipun empat program HDMY lainnya seperti; pembenahan kembali Pendidikan dan seklah gratis, kesehatan gratis dengan hanya menunjukan KTP, membuka wawasan rakyat dengan membangun taman bacaan dan internet desa, membina kehidupan relijus merupakan program-program inovasi terbarukan dari gubernur sebelumnya dengan perbaikan dan perluasan secara terukur. 

"Ini menunjukan bahwa transformasi kepemimpinan dari Alex ke Deru ibarat guru dan murid. Alex sebagai guru politik yang bijak dan arif luas pengalaman dan jaringan memberi pembelajaran luar biasa kepada penerusnya Deru yang menimbah pembelajaran politik dari seniornya," ungkapnya. 

Masih menurut Syawal, program-progaram yang secara potensial politik masih dipertahankan dan dilanjutkan dengan perbaikan dan pengukuran secara bijak. Sementara program-program yang secara real politik adalah strategi dan taktik politik HDMY tentunya perlu dikawal dan pembuktian. 

"Akan tetapi kepemimpinan HDMY ke depan perlu sekali belajar dari gubernur Alex yakni: pemerintahan yang bersih dan terobosan pembangunan yang jarang sekali bisa dilakukan oleh gubernur lainnya. Kita berharap HDMY bisa meneruskan apa yang pernah dilakukan oleh gubernur sebelumnya di luar program-program janji kampanye," tukasnya. (Buy) 

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi