Iklan Lucianty Pahri
Pemerintah Kabupaten Banyuasin
Diposting oleh : Bara Revolusioner     Tanggal : 11 Mei 2018 11:17     Dibaca: 83 Pembaca

Ini Tips Kesehatan Bagi Lansia Agar Bugar Saat Berpuasa

Monika Anastasia KMGizi SPGK

Palembang, Detik Sumsel - Hampir sebagian besar lanjut usia (lansia) memiliki masalah kesehatan, mulai dari menderita penyakit yang ringan, maupun penyakit yang berat. Kondisi ini membuat mereka sulit untuk melakukan aktivitas layaknya orang normal, termasuk salah satunya adalah melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

Untuk memberi pengetahuan dan pemahaman agar para Lansia tetap produktif saat menjalankan ibadah puasa, Monika Anastasia KMgizi SPGK, Ketua Staff Medical Gizi Klinik Poli Geriatri Rumah Sakit Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang mempunyai tips tersendiri untuk tetap menjadi bugar bagi para lansia saat berpuasa.

Dikatakannya, untuk tetap menjaga  produktifitas dalam beraktifitas saat puasa para lansia konsumsi makanan kebutuhan gizi, kalori, karbohidrat serta komposisi yang harus dikonsumsi sesuai kebutuhan pasien lansia.

"Konsumsi air putih ditingkatkan, karena sensitifitas menurun saat puasa, jangan hanya konsumsi makanan yang utama saja tapi makan pendukung lainnya seperti buah sayur dan makanan yang banyak mengandung protein," ujarnya, Jumat (10/05).

Ditambahkannya, para lansia dianjurkan harus banyak mengonsumsi sayur dan buah, serta tidak boleh minum teh manis, karena menurutnya mengonsumsi kopi dan teh, bisa menyebabkan dehidrasi.

"Hindari makanan yang tinggi gula, lemak dan lainnya cobalah saat berbuka makan kecil seperti minum air putih dan buah," jelasnya. (Bra)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi