Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Wirangga     Tanggal : 26 Mei 2018 15:08     Dibaca: 150 Pembaca

Ini Tips Sehat Berpuasa ala Kadinkes Palembang

Kepala Dinas Kesehatan kota Palembang, dr Letizia MKes saat dibincangi Detik Sumsel

Palembang, Detik Sumsel - Puasa tidak boleh dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Letizia MKes mencoba berbagi tips tetap bugar dan sehat selama menjalankan ibadah puasa.

Letizia menjelaskan, saat puasa, masyarakat diharapkan untuk tetap terus memperhatikan kesehatan, seperti mengonsumsi buah-buahan segar serta perbanyak meminum air putih usai berbuka dan ketika sahur.

Dirinya mengatakan, penyakit yang sering dialami masyarakat saat bepuasa yaitu penyakit lambung (maag). Maag merupakan istilah yang sering digunakan masyarakat awam untuk menggambarkan keluhan-keluhan yang disebabkan gangguan pencernaan (indigestion), seperti keluhan sakit perut, kembung, begah, dan mulut terasa asam.

"Saat berpuasa kita harusnya mengonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan. Minum air putihnya diperbanyak, serta tak lupa untuk konsumsi buah-buahan yang segar," ungkapnya kepada Detik Sumsel, Sabtu (26/05).

Untuk memenuhi kebutuhan sehat dalam berpuasa, dirinya menganjurkan kepada masyarakat untuk konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air, seperti buah semangka, jeruk, apel, pear, dan buah lainnya yang banyak mengandung air.

"Sebenarnya buah-buahan bagus semua, tetapi pilihlah yang banyak mengandung air. Buah kurma itu juga bagus, saya saja kalau berbuka diawali dengan memakan kurma dan air putih terlebih dahulu," imbuhnya.

Saat berpuasa, masyarakat tidak dilarang untuk melakukan aktivitas lain, seperti olahraga ataupun melakukan pekerjaan yang cukup berat.

Menurutnya, olahraga merupakan aktivitas yang juga dapat membuat tubuh menjadi sehat dan bugar dalam berpuasa.

"Olahraga saat berpuasa itu boleh, tetapi harus sesuai dengan kebutuhan, misalnya olahraga itu dilakukan saat menjelang buka puasa saja atau sore hari menjelang azan Maghrib," pungkasnya. (Wira)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi