Diposting oleh : Deddy Gusrizal     Tanggal : 13 September 2017 22:14     Dibaca: 73 Pembaca

IPLT Terkendala Listrik dan Air

Istimewa

Pagaralam, Detik Sumsel – Pengoperasian Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) di Dusun Keban Agung Baru, Kelurahan Ulu Rurah, Kecamatan Pagaralam Selatan masih terkendala sarana pendukung. Padahal, bangunan ini belum lama dilakukan serahterima oleh pihak kementerian kepada Walikota Pagaralam. Kondisi ini tak dipungkiri Pjs Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pagaralam, Joni.

“IPLT belum bisa dioperasikan. Tahun depan, pada 2018 mudah-mudahan bisa terealisasi, karena kita usulkan ke TAPD untuk penyediaan sarana listrik di bangunan IPLT dan pembuatan sumur bor untuk mencukupi kebutuhan air,” ungkapnya Rabu (13/9)

Sementara dengan input untuk pengolahan di IPLT, ditambahkan Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah B3, dan Peningkatan Kapasitas, Deska Musa, untuk pengangkutan tinja dari septictank di masyarakat belum banyak. “Sebulan, rata-rata penyedotan tinja dua tangki dengan kapasitas empat kubik, serta retribusi sebesar Rp. 300 ribu untuk sekali sedot,” ujarnya.

Ditambahkan Pjs Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kota Pagaralam, A Parliansyah ST MM, melalui Kabid Perumahan, David Kenedy ST, saat ini pihaknya sudah memprogramkan pembangunan septictank komunal di beberapa pemukiman, khususnya yang padat penduduk. Salahsatunya di kawasan Tumbak Ulas dan Swakarya yang sudah ada. “Adanya septictank komunal ini tentunya bisa sebagai input untuk pengelolaan IPLT yang dikelolo Dinas Lingkungan Hidup,” pungkasnya.(gud)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi