Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Darfian Mahar jaya     Tanggal : 26 Juni 2018 15:13     Dibaca: 101 Pembaca

Iskandar Nyoblos di TPS I Jejawi

Istimewa

Kayuagung, Detik Sumsel -- KPUD OKI telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) yang berhak memberikan suara pada Pilkada OKI 2018 berjumlah 476.863 mata pilih, termasuk sejumlah cabup dan cawabup yang bertarung.

Kendati demikian, dari 3 cabup OKI yang ikut kontestan, ternyata ada 2 cabup tidak mempunyai hak pilih di Pilkada OKI yakni Abdiyanto, SH., MH (nomor urut 2) dan H Azhari (nomor urut 3). Abdiyanto memiliki KTP Kota Palembang dan Azhari ber KTP di Jakarta.

Ketua KPU OKI Dedi Irawan, SIP., M.Si menjelaskan ada 3 kategori pemilih dan waktu mencoblos. Pertama pemilih DPT, yakni pemilih yang sudah dicoklit dan terdata di DPT. Waktu pencoblosan pukul 07.00WIB sampai 13.00WIB dengan membawa e-KTP atau surat C6 (pemberitahuan memilih).

Selanjutnya pemilih DPPH, yakni pemilih yang mengurus dan membawa surat A5 (pindahan), namun masih di dalam wilayah provinsi, kabupaten/kota. Waktu pencoblosan pukul 07.00WIB sampai 13.00WIB membawa surat A5.

"Tidak bawa e-KTP, tapi bawa A5 tetap boleh mencoblos," ucap Dedi, Selasa (26/6).

Ketiga pemilih DPTB (tambahan), yakni pemilih untuk warga yang berada di TPS tersebut namun belum terdata di DPT. Waktu pencoblosan pukul 12.00WIB sampai 13.00WIB membawa e-KTP atau suket.

Sementara itu, Kasubag Program dan Data Sekretariat KPUD OKI, Chandra Martha, S.Kom membenarkan tidak ada nama Abdiyanto dan Azhari di DPT ataupun lokasi TPS Pilkada OKI.

"Untuk Cabup OKI nomor urut 1 H Iskandar, SE terdaftar di TPS 1 Kelurahan Sidakersa, Kecamatan Kota Kayuagung. Sementara pasangannya HM Djakfar Shodiq nyoblos di TPS 1 Desa Makarti Mulya Kecamatan Mesuji,"katanya.

Begitupun untuk cawabup OKI nomor urut 2 Made Indrawan ST., MH., terdaftar di TPS 16 Desa Tugumulyo, Kecamatan Lempuing dan Cawabup OKI nomor urut 3 H Qomarus Zaman, S.Pd., M.Si di TPS 6 Kelurahan Sukadana, Kecamatan Kota Kayuagung.

"Namun tiap calon yang punya hak suara boleh mencoblos di TPS lain dengan membawa surat pengantar pindah TPS dari petugas KPPS TPS semula. Seperti yang dilakukan cabup OKI nomor urut 1, pindah dari TPS 1 Sidakersa ke TPS 1 Jejawi.(Iyan)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi