Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Edy Parmansyah     Tanggal : 02 Desember 2017 21:28     Dibaca: 1043 Pembaca

Jago Merah, Hanguskan Empat Rumah Sekaligus

Kondisi rumah warga Desa Sungai Napal, Kecamatan Batang Hari Leko, Kabupaten Muba, Sabtu (2/12/2017)

Sekayu, Detik Sumsel -  Diduga akibat dari konsleting arus listrik, sebanyak empat rumah panggung yang terbuat dari matrial kayu habis dilalap sijago merah di Dusun II Desa Sungai Napal, Kecamatan Batang Hari Leko, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) pada Sabtu (02/12/17).

Menurut Kapolsek batang hari leko AKP H. Aripin, S.H, peristiwa kebakaran tersebut diketahui sekitar pukul 08.00 wib. Mengetahui kejadian tersebut sejumlah personil polsek batang hari leko  langsung menuju ke tempat kejadian kebakaran dan menghubungi pihak pemadam kebakaran yang ada di Kecamatan Babat Toman. "Info yang kita terima pertama kali sekitar pukul 09.00 Wib, melalui pesan singkat dari warga. Mendapat info tersebut, kita langsung TKP dan mengubungi petugas pemadam yang ada di Babat Toman," terangnya saat dihubungi.
Masih menurut Arifin bahwa, berdasar informasi awal dilapangan, kejadian kebakaran tersebut  pertama kali berasal dari rumah salah satu warga yaitu Heri (36), yang bekerja sebagai petani. Kondisi saat itu rumah dalam keadaann kosong lagi ditinggal oleh pemiliknya pergi kekebun. "Rumahnya memang kondisi kosong, karena pemiliknya bekeja di kebun," terangnya.
Kondisi rumah warga yang berdekatan, menyebabkan api dengan sangat mudah menjalar kerumah lainnya, sehingga tiga rumah lainnya ikut terbakar "Ketiga rumah lainnya yaitu Yuharman (49), Sutajo (30), dan Unas (55). Ketiga pemilik rumah tersebut bekerja sebagai petani," bebernya. Selain dari empat rumah tersebut, ditambahkannya Arifin, bahwa ada dua rumah lainnya yang kondisi rumah mereka ikut terdampak  sekitar 30% akibat kebakaran tersebut yaitu rumah milik  Ning Ayu (55) dan  Adam (32). "Selain menghanguskan rumah kebakaran tersebut juga membakar kendaraan mobil truck dan Sepeda motor milik Heri dan Sutarjo," tambahnya. 
Dijelaskanya  bahwa kebakaran tersebut baru bisa dipadamkan sekitar pkl 12.00 wib setelah 3 (tiga) unit mobil damkar dari Babat Toman dan Sekayu tiba di lokasi yang mana sebelum mobil damkar tersebut tiba masyarakat dan juga personil polsek melakukan pemadapan dengan peralatan yang seadanya. " Memang tidak ada korban jiwa akibat kebakaran tersebut namun Kerugian materil diperkirakan mencapai Rp 500  juta," pungkasnya.  Pasca kejadian kebakaran tersebut masyarakat yang terkena akibat kebakaran tersebut untuk sementara waktu mengungsi kerumah sanak saudara mereka yang ada didaerah tersebut. (edy)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi