Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : DP     Tanggal : 22 Mei 2018 07:32     Dibaca: 220 Pembaca

Jalan Penghubung Dua Desa Rusak Parah

Kondisi jalan poros dari Desa Bukit Langkap yang menghubungkan Desa Bukit Ulu Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara yang berlumpur.

Muara Rupit, Detik Sumsel - Jalan poros dari Desa Bukit Langkap menghubung Desa Bukit Ulu Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), rusak parah.

Kondisi jalan tersebut saat ini bebatuan. Tak jarang pula ditemukan bagian berlumpur yang rusak akibat sering ditempuh kendaraan roda empat setiap hari, bahkan di sisi kiri dan kanan serta tengah jalan banyak ditumbuhi rumput liar.

Agus (30), seorang warga Desa Bukit Langkap mengatakan, jalan ini merupakan akses terdekat menuju Desa Bukit Ulu, sehingga perlu diperbaiki.

"Jalan sepanjang sekitar lima kilometer ini dibuka sejak tahun 1985-an. Sampai sekarang belum dibangun dan kondisinya semakin hari tambah parah rusaknya," kata Agus, Senin (21/05).

Ia menjelaskan, kerusakan jalan ini sudah sangat parah sekali, sampai-sampai jarang ditemukan kendaraan roda empat atau roda dua yang melintasi jalan tersebut, hanya para petani penyadap karet yang sering ditemukan melewati jalur itu.

"Kita berharap pemerintah segera memperbaiki dan mengaspal jalan tersebut, karena jika sudah dibangun dampak positifnya bisa membuka akses wisata yang ada di Desa Bukit Ulu," jelasnya.

Ia melanjutkan, di Desa Bukit Ulu terdapat potensi wisata Dam Bukit Layang yang dikenal indah. Namun, karena selama ini tertutup atau sepi peminat, akibat terkendala jarak tempuh yang jauh.

"Biasanya jika ingin masuk ke Desa Bukit Ulu harus menempuh jalan melingkar dari Jalinsum melalui jalan kecamatan dan membutuhkan waktu hampir dua jam," ucapnya.

Untuk itu, jika jalan poros Desa Bukit Langkap ini dibangun aspal, maka hanya kurang dari 30 menit dari Jalinsum menuju Desa Bukit Ulu.

Senada yang disampaikan Roni (31), warga setempat berharap, pemerintah membangun aspal hotmix akses jalan Desa Bukit Langkap menuju Desa Bukit Ulu.

"Kami berharap pemerintah membangunnya. Agar akses masyarakat lebih dekat dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa Bukit Langkap dan Desa Bukit Ulu serta desa sekitarnya. Karena, akses jalan tersebut juga akan menumbuhkan pariwisata yang ada," pungkasnya. (der)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi