Diposting oleh : Deddy Gusrizal     Tanggal : 09 Maret 2017 21:29     Dibaca: 214 Pembaca

Jalan Rusak, Ditanami Pohon Pisang

Pinggiran jalan Negara yang mengalami kerusakan dengan lubang yang digenangi air, ditanami pohon oleh warga setempat, Kamis (9/3)

Pagaralam, Detik Sumsel – Kondisi jalan Negara penuh lubang serta digenangi air hujan di beberapa titik ruas jalan di kota Pagaralam, sangat menyulitkan sekali bagi warga dan pengendara yang melintas. Bahkan tidak sedikit pula jatuh terjerembab di dalam lubang. 

Salahsatunya terdapat di pinggiran jalan Negara Dusun Karang Dalo, kelurahan Karang Dalo, kecamatan Dempo Tengah, sejumlah lubang di pinggiran jalan ini terlihat menganga cukup besar dan menyulitkan pengendara saat melajukan kendaraan. 

Buntut dari rasa kekesalan terhadap badan jalan mengalami kerusakan, warga sekitar pun melakukan aksi tanam pohon pisang, yang ditanam warga pada lubang berada di jalan tersebut. Tondi (29), warga setempat mengatakan, aksi penanam pohon pisang di pinggir lubang jalan ini sebagai bentuk protes, sekaligus upaya pemberian tanda peringatan kepada para pengendara yang hendak melintas di kawasan ini agar dapat lebih meningkatkan kewaspadaan. 

“Penanaman pohon pisang di pinggir jalan yang mengalami kerusakan ini, sebagai tanda bagi pengguna jalan supaya berhati-hati saat melintas. Ini lantaran lubang di pinggiran jalan Negara berada di wilayah kelurahan Karang Dalo cukup banyak. Jadi kita tidak ingin ada pengendara yang menjadi korban,” ungkapnya. 

Diakui Tondi, melihat permukaan badan jalan penuh lubang serta genangan air hujan, menjadikan pengendara sepeda motor sangat rentan terjatuh. Terlebih bila melintas di malam hari, dengan penerangan lampu kendaraan seadanya, permukaan jalan yang rusak, berlubang dan penuh genangan air, sangat sulit untuk terlihat. “Kita berharap pemerintah dapat segera memperbaiki kondisi jalan, karena sangat mengganggu arus lalulintas dan rawan kecelakaan,” pintanya. 

Sementara, Camat Dempo Tengah, Dra Rismawati, melalui Lurah Karang Dalo, Syahirul tak menampik jika kondisi jalan Negara yang mengalami kerusakan sangat dikeluhkan oleh warga dan pengguna jalan. “Untuk permasalahan ini, kita sudah meminta bantuan kepada pihak terkait agar bisa mencarikan solusi mengatasi permasalahan kondisi jalan yang penuh lubang dan tergenang air di wilayah Kelurahan Karang Dalo,” ujarnya. 

Terpisah, Kepala Dinas PU Kota Pagaralam, Hariadi Razak, didampingi Kabid Mina Marga, Ardiansyah mengatakan, untuk perbaikan jalan negara kewenangan perbaikannnya ada di pemerintah pusat. Sedangkan sejauh ini, adanya kerusakan jalan, baik itu jalan negara maupun jalan provinsi sudah diajukan usulan permohonan untuk perbaikan. “Berharap dalam waktu dekat kerusakan yan terjadi di sejumlah jalan negara maupun jalan provinsi segera diperbaiki,” tandasnya. (vhan)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi