Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Maya     Tanggal : 05 Juli 2018 21:49     Dibaca: 113 Pembaca

Jamkrindo Lirik Penjaminan BUMN di Sumsel

Layanan yang diberikan petugas Jamkrindo kepada customer, Kamis (05/07).

Palembang, Detik Sumsel - Tingginya potensi di segmen perusahaan plat merah, menjadi daya tarik tersendiri bagi Perum Jamkrindo untuk memberikan penjaminan produk kredit dari perusahaan milik negara tersebut.

Sebagai tahap awal Jamkrindo sudah berhasil menggarap penjaminan distribusi PT Semen Baturaja (Persero) Tbk.

"Masih banyak potensi penjaminan yang belum tergarap di Sumsel, salah satunya perusahaan BUMN di sini. Ini juga menjadi langkah sinergi BUMN," kata Kepala Cabang Perum Jamkrindo Palembang, Heriyanto Nugroho, Kamis (05/07).

Heri mengatakan penjaminan yang dilakukan perusahaan terhadap distribusi emiten berkode SMBR itu mencapai Rp 140 Miliar. Selain itu pihaknya juga memberikan penjaminan terhadap proyek-proyek internal perseroan tersebut.

Setelah PT Semen Baturaja, ke depan pihaknya akan mulai menjajaki peluang penjaminan pembiayaan PT Bukit Asam (Persero) Tbk, PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang di samping memperkuat penjaminan di sejumlah bank BUMN.

"Tentu kita tetap fokus pada mitra yang telah ada, seperti perbankan BUMN. Kami berupaya memperkuat layanan dengan memberikan service level agreement untuk klaim," katanya.

Berbagai upaya akan terus dilakukan pihaknya untuk meningkatkan pelayanan. Salah satu bukti peningkatan layanan yang telah dilakukan adalah bukti dari pencapaian penjaminan yang mencapai Rp 2,8 triliun per semester 1 tahun 2017 ini atau 67 persen dari target yang dipatok hingga akhir tahun senilai Rp 4,2 triliun.

"Bahkan jika dibandingkan tahun lalu, kinerja kami bisa tumbuh 20 persen. Kondisi itu tidak terlepas dari pertumbuhan hampir semua produk yang kami layani," katanya.

Menurut Heri, produk penjaminan kredit  yang diberikan mencatat pertumbuhan positif, terutama KPR skema FLPP, KUR, surety bond, dan bank garansi.

Adapun jumlah nasabah yang kreditnya dijamin Jamkrindo Palembang mencapai sekitar 2 juta nasabah dan tersebar di Sumsel.

Sementara secara nasional, dalam kurun waktu 2013-2017, volume penjaminan Perum Jamkrindo meningkat dengan rata-rata pertumbuhan 31,58 persen per tahun. Untuk tahun 2018, Jamkrindo menargetkan volume penjaminan mencapai Rp 156 triliun. (May)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi