Diposting oleh : Deddy Gusrizal     Tanggal : 08 Agustus 2017 21:44     Dibaca: 95 Pembaca

Jembatan Penghubung Liku Indikat Bahayakan Pengendara

Senator DPD RI Hendri Zainudin saat melakukan Sidak tadi pagi.

Pagaralam, Detik Sumsel – Kerusakan jalan negara mulai dari perbatasan Pagaralam-Lahat tepatnya di liku Indikat, Kecamatan Dempo Selatan hingga ke Simpang Manak masih banyak yang rusak. sampai saat ini belum ada tindakan serius untuk dilakukan perbaikan.

Pantauan di lapangan, titik kerusakan berupa jalan berlobang dan jalan yang bergelombang hampir ditemui setiap dusun. Parahnya jalan yang di lintasi para pengendara rawan longsor baik dari arah ke Pagaralam atau sebaliknya. Seperti yang terlihat di liku Indikat, persis berada di jembatan penghubung Desa Atung Bungsu dan Tanjung Bay, Kota Agung, Kabupaten Lahat. Dilokasi terlihat sangat jelas kerusakannya, yakni sambungan jembatan tak lagi merenggang namun sudah berlobang sehingga sangat membahayakan pengemudi yang melintas.

Ironisnya, pihak Balai Besar yang mengurusi jalan dan jembatan justru dinilai belum serius menindaklanjuti keluhan masyarakat. Bahkan, kerusakan jalan negara ini ibarat penyakit akut yang sudah menahun, jika tidak dibiarkan begitu saja tidak menutup kemungkinan bukan hanya bertambah parah namun juga mengancam keselamatan jiwa pengendara. Sementara, di lokasi jembatan Indikat, untuk menutup lobang menganga di sambungan jembatan ini, sudah dipasangi dua buah plat besi.

Robet (35) salah satu warga Pagaralam yang melintas di lokasi ini sangat menyayangkan belum adanya tindakan serius oleh pemerintah. “Baik Pemkot Pagaralam melalui satker terkait atau pun pihak Balai Besar yang mengurusi jalan negara ini harusnya segera diatasi bagaimana solusi agar jalan negara ini nyaman dilalui masyarakat,” ulas dia.

Seperti di jembatan Indikat, kerusakannya jalannya kian parah saja. Bagaimana masyarakat luar bisa nyaman berkunjung ke Pagaralam jika aksesnya susah dilalui. “Tindakan untuk perbaikan jalan ini harusnya benar-benar serius jangan perbaikannya bersifat darurat saja. Karena kondisinya saat ini cukup membahayakan,” ulas dia.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Kota Pagaralam, Hariadi Razak melalui Kabid Bina Marga, Adriansyah ST mengakui kondisi jalan negara cukup memprithatinkan kerusakanya dibeberapa titik. Termasuk di kawasan jembatan Indikat. “Infomasinya, kerusakan pada sambungan jembatan dipasangi plat besi oleh pihak Balai Besar,” ulas dia.

Mengenai permintaan masyarakat agar kerusakan negara ini ditangani serius oleh pihak Balai Besar? Jawab Adraisnyah, pihak Pemkot Pagaralam melalui Dinas PUPR sudah melayangkan surat ke baklai besar. “Bukan untuk pertama kalinya, namun sudah ke sekian kalinya. Namun, dalam waktu dekat ini kita akan berkoordinasi langsung menemui pihak balai besar mengenai kondisi jalan negara yang ada di Kota Pagaralam,” ungkap Adriansyah serya menagtakan pihaknya belum bisa berbuat banyak untuk penanganan kerusakan jalan negara karena bukan wewenang daerah. 

Terkait hal ini, Hendri Zainudin Senator DPD RI  yang tadi pagi melakukan Sidak di lokasi mengatakan, jembatan tersebut harus sesegera mungkin di perbaiki oleh dinas terkait, mengingat kondisi jembatan perbatasan Lahat dan Pagar Alam tersebut akses utama para pengendara. “Aspalnya sudah terkelupas, sehingga besi dalamnya saja yang timbul, kalau jembatan ini putus hubungan Pagar Alam Bengkulu dan daerah sekitar bisa lumpuh,” tandasnya.(gud)


Warning: mysqli_num_rows() expects parameter 1 to be mysqli_result, boolean given in /home/taobvxhb/public_html/artikel/post.php on line 63
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi
 
 


Warning: mysqli_num_rows() expects parameter 1 to be mysqli_result, boolean given in /home/taobvxhb/public_html/index.php on line 376