Diposting oleh : Deddy Gusrizal     Tanggal : 06 Agustus 2017 21:23     Dibaca: 115 Pembaca

Kader Posyandu Terima Dana Stimulan

Foto Istimewa

Pagaralam, Detik Sumsel – Bertempat di Aula Dinkes Kota Pagaralam, Asisten II Setdakot Pagaralam, Drs H Syafrani mendistribusikan dana stimulan kepada 248 Kader Posyandu, yang tesebar dilingkungan kerja Dinkes, RSUD, Puskesmas Sidorejo, Puskesmas Gunung Dempo dan Puskesmas Pengandonan, Sabtu (6/8).

“Sebenarnya berat untuk menyampaikan masalah intensif ini, karena yang diberikan kepara Kader Posyandu sangat tidak sesuai. Akan tetapi inilah kondisinya. Bukan tidak mau untuk memberikan yang lebih, tapi keadaanlah yang tidak memungkinkan,” terang Syafrani, ketika memberikan pengarahan kepada ratusan Kader Posyandu.

Diakui Syafrani, sudah dari awal komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam untuk tenaga kesehatan di lapangan, termasuk Kader Posyandu, harus mendapatkan insentif atau honor yang memadai, tapi hingga sekarang ini pemerintah tengah mengalami defisit. Jadi mau tidak mau harus seperti inilah kondisinya.

“Meski honor yang diterima Kader Posyandu ini tidaklah seberapa, atau sebesar Rp30 ribu per bulan, terpenting harus ditanamkan di, dalam bekerja berangkat ke Posyandu haruslah dilandasi dengan niat, rela dan ikhlas mengharapkan ridho dari Allah SWT,” sebutnya.

Lebih jauh Syafrani menyebut, pendistribusian dana stimulan insentif ke Kader Posyandu tersebut haruslah dapat disyukuri dengan ikhlas dalam menjalankan pekerjaan yang diemban. “Karena mau kerja itu dilandasi oleh niat seikhlas-ikhlasnya,” imbuhnya.

Sementara itu Plh Kepala Dinkes Kota Pagaralam, Misnan SIp menjelaskan, pendistribusian dana stimulan kepada Kader Posyandu sudah memasuki triwulan kedua, dengan besaran dana diterima setiap kader Rp90 ribu.

“Tahun 2016 lalu dana stimulan diterima setiap Kader Posyandu besaran itu mencapai Rp50 ribu per bulan. Tapi saat ini, karena kita tengah mengalami defisit anggaran, setiap bulan para kader ini hanya mendapat bantuan dana stimulan sebesar Rp30 ribu per bulan,” bebernya.

Misnan berharap ke depan dana stimulan yang diterima kader dapat lebih baik dari tahun ini. “Fungsi Kader Posyandu ini menggerakkan masyarakat di bidang kesehatan, yang mengajak masyarakat untuk menimbang bayi, penyuluhan kesehatan dan menggalakkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dengan istilah duta kesehatan di masyarakat,” harapnya. (gud)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi