Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : DP     Tanggal : 16 Mei 2018 17:49     Dibaca: 109 Pembaca

Kades di Muratara Serahkan Tiga Pucuk Senpi

Kades Batu Gaja Lama saat menyerahkan aenpi jenis kecepek kepada Kapolsek Rupit, AKP Yulfikri, Rabu (16/05).

Muara Rupit, Detik Sumsel - Kapala Desa Batu Gajah Lama Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Habib Dimyati secara sukarela menyerahkan tiga pucuk senjata api rakitan (senpira) kepada polisi.

Penyerahan senpi jenis kecepek ini langsung kepada Kapolsek Muara Rupit, AKP Yulfikri, di Kantor Balai Desa Batugajah Lama, Rabu (16/05).

Dalam penyerahan itu juga disaksikan oleh Kanit Intelkam, Kanit Prov & Bhabin kamtibmas serta perangkat desa setempat, yaitu Sdr Amrozi (Kadus 8), Sdr Heriadi (Staf Pemdes), dan Sdr Ahmadi (Ketua BPD).

Habib Dimyati, Kepala Desa Batu Gaja Lama di hadapan Kapolsek mengatakan, tiga pucuk senpi yang diserahkan oleh warga melalui dirinya itu selama ini hanya disimpan dan hanya sekali-kali digunakan untuk menjaga kebun dari hama babi hutan.

"Alasannya sudah jelas, senpi ini dilarang oleh negara untuk masyarakat mengunakanya dan barang ini juga kan berbahaya," terang Habib.

Ia melanjutkan, Alhamdulillah atas kesadaran dari warga saya, tanpa ada paksaan dari pihak manapun. "Akhirnya kita serahkan tiga pucuk senpi ini ke Kapolsek  Rupit," ucapnya.

Kapolres Musi Rawas, AKBP Bayu Dewantoro melalui Kapolsek Rupit, AKP Yulfikri menjelaskan penyerahan senpira oleh masyarakat ini merupakan hasil dari upaya Bhabinkamtibmas serta lidik unit intelkam Polsek Rupit yang terus menerus melakukan giat preventif.

"Dengan melakukan penyebaran maklumat Kapolda Sumsel tentang larangan memegang, menggunakan, atau menyimpan senjata api, amunisi dan bahan peledak. Hari ini masyarakat sadar menyerahkan sepi sebanayak tiga pucuk" jelasnya.

Saat ini, kepolisian sedang melaksanakan Operasi Senpi Musi 2018. Maka dari itu Kapolsek Rupit bersama Bhabin kamtibmas mengajak dan mengimbau kepada masyarakat untuk menyerahkan senpira kepada pihak kepolisian.

"Bila masyarakat dengan kesadaran sendiri menyerahkan senpira maka tidak akan diproses hukum," pungkasnya. (der)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi