Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Iyop DS     Tanggal : 17 Desember 2016 21:46     Dibaca: 624 Pembaca

Menang Agregat gol, Thailand Pertahankan Juara Piala AFF. Indonesia Masih Spesialis Runner Up

Dua gol yang dicetak Siroch Chattong (37' dan 47') mengubur impian Indonesia menjadi Juara AFF setelah kalah agregat gol 3-2 atas Thailand

Palembang, Detik Sumsel-Dua gol yang dicetak Siroch Chattong (37' dan 47') pada leg kedua final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok mengubur impian tim nasional Indonesia menjadi juara.

Kemenangan ini membuat Thailand berhak mempertahankan gelar juara kedua kalinya secara berturut-turut dan menjadi yang terbaik di Asia Tenggara, berkat keunggulan agregat gol 3-2, meskipun pada leg pertama kalah dengan skor 2-1 di Stadion Pakansari, Rabu (14/12) sebelumnya.

Bagi Indonesia, kekalahan ini membuat tim Garuda untuk kelima kalinya kalah di final AFF dan ketiga kalinya di tangan Thailand serta belum bisa melepaskan predikat sebagai tim spesialis runner up. Sementara bagi Thailand, tropi juara ini merupakan yang kelima kalinya berhasil mereka raih. Sedangkan bagi pelatih Alfred Riedl, ini ketiga kalinya dia kalah di partai final. Sekali ketika menangani Vietnam dan dua kali bersama Indonesia.

Dari jalannya pertandingan, Thailand yang berada pada kondisi tertinggal 1-2 sudah langsung menyerang Timnas Indonesia sejak laga dimulai.

Timnas Indonesia tak bisa berbuat banyak selain menumpuk pemain di belakang untuk mengantisipasi serangan Thailand. Di 30 menit awal, Skuat Garuda berhasil meredam serangan-serangan Thailand sehingga Tim Gajah Perang tak banyak memiliki peluang emas untuk mencetak gol.

Namun tembok pertahanan Indonesia akhirnya runtuh di menit ke-38. Berawal dari pergerakan Theerathon Bunmathan, pemain bernomor punggung tiga itu melepaskan umpan ke kotak penalti. Fachrudin Aryanto membuang bola namun tendangan Fachrudin justru membentur Siroch Chatthong dan masuk ke gawang.

Unggul 1-0 tak membuat Thailand menurunkan tempo serangan. Mereka terus menggempur pertahanan Indonesia untuk mencari gol berikutnya. Saat babak kedua baru berjalan dua menit, Siroch lagi-lagi membobol gawang Indonesia. Dalam sebuah skema serangan cepat, Siroch menerima umpan dari Chanatip Songkrasin. Setelah itu, Siroch melepaskan tembakan terarah ke pojok kiri gawang yang tak bisa dijangkau oleh Kurnia Meiga.

Tertinggal dua gol membuat Indonesia tak punya pilihan lain selain menyerang. Alfred Riedl kemudian melakukan sejumlah pergantian pemain dengan memasukkan Dedi Kusnandar dan Lerby Eliandry. Dengan adanya tenaga baru, Indonesia mulai bisa menyusun serangan ke gawang Thailand. Namun sebaliknya, lini pertahanan Indonesia juga jadi lebih terbuka.

Dalam momen tersebut, Teerasil Dangda punya dua kesempatan untuk membobol gawang Indonesia namun semuanya berhasil dimentahkan oleh Kurnia Meiga. Pada menit ke-84, Thailand berpeluang untuk memperbesar keunggulan saat mereka mendapatkan tendangan penalti. Lagi-lagi Kurnia Meiga berhasil melakukan penyelamatan terhadap tembakan Teerasil.

Sayangnya, Indonesia tak mampu membuat satu gol untuk memaksa pertandingan berlanjut ke perpanjangan waktu. Thailand pun kembali menjadi juara Piala AFF 2016.(iyop)

Susunan Pemain:

Thailand: Kawin Thamsatchanan; Theerathon Bunmathan, Adinsorn Promrak, Sarach Yooyen, Charyl Yannick Chappuis (Pokklaw Anan 82), Siroch Chattong (Sarawut Masuk 90), Teerasil Dangda, Prathum Chutong, Tanaboon Kesarat, Chanatip Songkrasin, Tristan Do

Indonesia: Kurnia Meiga; Hansamu Yama Pranata, Fachruddin Aryanto, Benny Wahyudi (Dedi Kusnandar 46), Muhammad Abduh Lestaluhu, Manahati Lestusen, Bayu Pradana, Stefano Lilipaly, Rizki Pora (Ferdinan Sinaga 73), Zulham Zamrun (Lerby Eliandry 64), Boaz Solossa

 

Daftar Juara Piala AFF

1996: Thailand
1998: Singapura
2000: Thailand
2002: Thailand
2004: Singapura
2007: Singapura
2008: Vietnam
2010: Malaysia
2012: Singapura
2014: Thailand
2016: Thailand


  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi