Diposting oleh : Fazds     Tanggal : 13 Desember 2016 14:24     Dibaca: 1365 Pembaca

Kasus Dedi, Penyidik Pidsus Kejari Banyuasin Sita Dokumen di Dinas Pengelolaan Pasar

Penyidik Pidsus Kejari Banyuasin seusai menggeledah ruang Bidang Pendapatan dan Pemberdayaan Dinas Pengelolaan Pasar Kabupaten Banyuasin.

BANYUASIN,Detiksumsel - Penyidik Pidsus Kejari Banyuasin, Selasa (13/12/2016) menggeledah ruang Bidang Pendapatan dan Pemberdayaan Dinas Pengelolaan Pasar Kabupaten Banyuasin. Penggeledahan ini dalam rangka mencari bukti tambahan terkait kasus penyalagunaan wewenang yang dilakukan oleh Mantan Kepala Pasar Sukajadi Dedi Irwansyah.
Dari penggeledahan ini, penyidik Pidsus yang berjumlah tujuh orang dan langsung di pimpin Kasi Pidsus Kejari Banyuasin, R Andra Kurniawan SH MH menyita sejumlah dokumen diantaranya Surat permohonan menjadi pedagang, surat sewa  hingga surat contoh-contoh retribusi.
Kasi Pidsus Kejari Banyuasin, R Andra Kurniawan SH MH mengatakan, penggeledahan ini dalam rangkan tindaklanjut
Perkara penyidikan tentang penyimpangan dalam penempatan pedagang di Pasar Sukajadi Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin dengan tersangka "DI". "Ini Upaya tindakan hukum guna mencari bukti yang  kami anggap perlu,"katanya.
Sejauh ini terang Andra, baru satu tersangka yakni DI dan apabila ada potensi melibatkan pihak lain tentu akan kita kembangkan. "Kalau dari hasil penyidikan kita ada potensi melibatkan pihak lain tentu akan kita dalami,"katanya.
Ketika ditanya kerugian negara jelas Andra, tidak ada kerugian negara yang ditimbulkan karena sifatnya pemungutan atau pemotongan oleh tersangka. "Tidak ada kerugian negara tapi penyalanggunaan  wewenang yang mengarah ke  pungutan liar (pungli),"katanya.
Dari penggeledahan ini tegas Andra,pihaknya menyita sejumlah dokumen seperti surat permohonan menjadi pedagang, surat sewa los hingga contoh-contoh retribusi.
Andra, yang bersangkutan disangka / didakwa malangar pasal 12 huruf b dan huruf e Jo pasal 18 UU RI Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU RI Nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU RI nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan korupsi. “Dengan ancaman pidana maksimal seumur hidup atau pidana
paling singkat 4 tahun, dan paling lama 20 tahun, dan denda paling sedikit Rp 200 juta, paling banyak Rp 1 miliar,"tandasnya.
Sementara itu, Sekretaria Dinas Pengelolaan Pasar Kabupaten Banyuasin Drs Aminuddin membenarkan ada penyidik Pidsus Kejari Banyuasin yang melakukan penggeledahan Bidang Pendapatan dan Pemberdayaan. "Pengeledahan ini terkait kasus Dedi Irwansyah terkait pasar Sukajadi,"katanya.
Pihaknya terang Aminudin sangat Proaktif dan membantu pihak penyidik dalam mencari dokumen yang diperlukan. "Kita proaktif,dan mendukung agar kasus ini cepat selesai,"katanya.(Faz)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi