Detik Sumsel Goes to Campus
Pemerintah Kabupaten Banyuasin
Diposting oleh : Heru Senovlan     Tanggal : 05 Januari 2018 14:49     Dibaca: 159 Pembaca

Kebijakan Diambil Provinsi, Disnaker Lahat Ibarat Harimau Tak Bertaring

Istimewa

Lahat, Detik Sumsel -- Ibarat harimau tak bertaring. Mungkin inilah perumpamaan yang pas untuk Disnakertrans Lahat. Pasalnya, meskipun adanya pengaduan dari pekerja ke perusahaan.

Disnaker Lahat tidak memiliki hak, untuk melakukan pemeriksan kepada perusahaan yang dilaporkan. Sepertihalnya di awal tahun 2018, Disnakertrans Lahat, sudah mendapati lima laporan pengaduan.

Mulai dari pekerja perusahaan tambang batubara, sawit, dan yang bergerak dibidang finance.

"Semenjak diambil provinsi, kita hanya menerima pengaduan saja. Untuk memeriksa jadi kewenangan pihak provinsi," ujar Kepala Disnaker Lahat, H Ir Ismail Hanafi, melalui Kabid Hi dan Jamsos Tenaga Kerja, Aris Toteles, Jumat (5/1/2018).

Aris Toteles menerangkan, pengaduan yang masuk biasanya terkait kekurangan hak, kepentingan, dan phk. Hanya saja, sebelum melaporkan pengaduan, pihaknya akan mengarahkan adanya perundingan antara pekerja dan pihak perusahaan.

Jika tidak sepakat, pekerja baru bisa memberikan pengaduan dengan melampirkan bukti Bipartit. Kemudian pihaknya akan memanggil pekerja dan perusahaan untuk kembali melakukan perundingan. Jika masih tidak sepakat baru dilaporkan ke provinsi.

"Kalau pengaduan selalu ada, tapi kita tidak bisa langsung bergerak melakukan pemeriksaan. Solusinya, kita hanya bisa mengarahkan untuk lakukan perundingan," terangnya. (Heru).

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi