Diposting oleh : Deddy Gusrizal     Tanggal : 25 Juli 2017 01:47     Dibaca: 120 Pembaca

Kebut Perekaman KTP-el Sebelum Pilkada

Foto Istimewa

Pagaralam – Ribuan warga Pagaralam Pagaralam yang sama sekali belum melakukan perekaman KTP-el terus dilakukan jemput bola oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Pagaralam. Mengingat, untuk mengurangi masyarakat yang belum memiliki KTP-el jelang pesta demokrasi, Pilkada 2018 nanti.

“Sebagai bentuk mensukseskan Pilkada 2018 di Kota Pagaralam nanti, Kita terus mengupayakan mengurangi jumlah warga yang belum memiliki KTP el ataupun yang sama sekali belum perekaman,” ungkap Kadisdukcapil Kota Pagaralam, Drs Bhakti N Msi, belum lama ini.

Dari pusat ataupun provinsi mengingatkan untuk pencapaian kepemilikan KTP-el dan bagi masyarakat yang belum perekaman jumlahnya untuk terus dikurangi. “Untuk pencapaian target 0 (nol, red) tidak mungkin, karena jumlah penduduk terus mengalami perubahan khususnya usia wajib KTP,” katanya.

Diakui Bhakti untuk data pemilih atau hak pengguna suara saat Pilkada nanti berdasarkan DP4 periode II atau terhitung Juli – Desember nanti. “Sedangkan dari data DP4 periode I (Januari-Juni, red) masih menunggu dari pusat (Kemendagri, red). Sedangkan data terakhir 2016 yang kita terima adalah sebanyak 106.278 jiwa dengan rincian 78.967 wajib KTP yang sudah perekaman, dan 26.769 wajiba KTP yang belum perekaman,” ulas dia.

 Sedangkan, sejak Januari – Juni 2017 Dinas Dukcaapil Kota Pagaralam sudah melakukan percepatan perekaman dengan jemput bola ke masyarakat dengan menyambangi kelurahan-kelurahan yang ada di setiap kecamatan.

“Untuk data terakhir hingga Juni 2016 ini, telah berkurang menjadi 21 ribuan yang belum perekaman. Sebab, dari Januari hingga Juni 2017 diperkirakan sekitar 4.700 ribu wajib KTP yang sudah dilakukan perekaman hal ini tak terlepas dengan upaya yang dilakukan petugas melakukan jemput bola perekaman ke kelurahan-kelurahan,” beber Bhakti seraya mengatakan saat ini masih menunggu data DP4 dari pusat.

Dia juga meminta kepada masyarakat untuk segera melakukan perekaman, mengingat e-KTP sangat penting bagi masyarakat pada tahun-tahun mendatang, seperti untuk pelayanan rumah sakit, pelayanan administrasi dan jasa lainnya. “Pentingnya memiliki KTP-el ini harus disosialisasikan pihak kelurahan ataupun RT RW ynag harus melaporkan kondisi warganya yang belum  memiliki KTP-el atau belum perekaman,” tukasnya seraya menegaskan dengan ada laporan warga yang belum perekaman di setiap kelurahan maka kan dilakukan jemput bola sekaligus untuk pelayanan adminduk lainnya seperti pembuatan KK dan akta.

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi