Detik Sumsel Goes to Campus
Pemerintah Kabupaten Banyuasin
Diposting oleh : Puji     Tanggal : 04 Januari 2018 13:07     Dibaca: 310 Pembaca

Keluarga Korban Speedboat Tenggelam Serahkan Data ke Tim DVI

Posko Ante Mortem atau Disaster Victim Identifiction (DVI) Rumah Sakit Bhayangkara Palembang

Palembang, Detik Sumsel -- Guna memudahkan proses identifikasi korban yang sudah ditemukan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Rumah Sakit Bhayangkara Palembang membuka Posko Ante Mortem atau Disaster Victim Identifiction (DVI) di Posko SAR Basarnas Palembang, Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin Kamis (4/1/2018).

"Kita olah TKP terus pengumpulan dan pemanggilan keluarga korban yang merasa kehilangan keluarganya dalam kecelakaan untuk menjelaskan siapa namanya dan ciri - cirinya seperti apa nanti setelah itu kita minta data identitasnya termasuk KTP, ataupun SIM untuk selanjutnya dilakukan pendalaman Ante Mortem di Rumah Sakit Bhayangkara,"kata Drg Andri Budiman Kaur DVI RS Bhayangkara Palembang Kamis (4/1/2018).

Dijelaskannya, untuk pendalaman lebih lanjut identitas korban akan dilakukan di Rumah Sakit Bhayangkara, termasuk proferti apa yang harus dibawa oleh keluarga korban untuk membantu pos Ante Mortem mencocokan identitas korban.

"Upaya ini sangat diperlukan karena bisa membantu petugas dalam upaya mengidentifikasi jenazah apakah benar jenazah yang telah ditemukan adalah keluarga yang sudah memberikan datanya secara lengkap,"jelasnya.

Jika kondisi jenazah yang ditemukan nanti dalam keadaan tidak utuh atau sulit untuk dikenali maka yang akan dilakukan oleh tim DVI adalah dengan melakukan tes DNA, namun jika kondisi jenazahnya masih utuh atau bisa dikenali cukup dengan mencocokan identitas maupun proferti yang dibawa oleh keluarga pemeriksaan DNA ini adalah jalan terakhir.

"Posko Ante Mortem ini ditutup sampai seluruh jenazah yang hilang sudah ditemukan semua,"pungkasnya.(oji)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi