Diposting oleh :     Tanggal : 03 April 2017 09:04     Dibaca: 224 Pembaca

Kenapa Perut Cepat Lapar Saat Hujan?

Foto:net

Palembang,DetikSumsel-Tidak lengkap rasanya hujan tanpa ditemani makanan hangat, seperti bakso atau mi ayam. Kadang malah bikin ingin nambah lagi dan lagi. Nah, kenapa sih perut cepat lapar saat hujan?

Saat hujan, suhu udara otomatis akan menjadi semakin dingin. Perubahan cuaca ini akan membuat suhu tubuh menurun, menyesuaikan dengan suhu lingkungan. Sebagai kompensasi, tubuh akan mencari cara untuk menambah panas. Makan adalah salah satu caranya.

Seperti yang dikutip klikdokter.com- Di dalam tubuh, makanan yang Anda konsumsi akan diubah menjadi sumber energi. Energi ini dapat digunakan kembali oleh tubuh untuk berbagai keperluan. Misalnya, untuk menaikkan suhu tubuh yang menurun.

Selain itu, saat hujan sinar matahari akan tertutup oleh awan. Hal ini ternyata juga berpengaruh. Peneliti menemukan, cuaca mendung dengan sedikit sinar matahari dapat menurunkan zat serotonin di dalam otak.

Sementara itu, aktivitas makan dapat meningkatkan kadar serotonin dalam otak. Alhasil, kurang melihat sinar matahari memicu orang untuk mencari makanan.

Untuk menyiasati rasa lapar saat hujan, konsumsilah makanan yang tinggi protein dan serat agar panas tubuh terjaga lebih lama. Pilih juga makanan berkalori rendah, seperti sup sayuran atau susu cokelat rendah lemak. Dengan demikian, kesehatan akan tetap terjaga saat musim hujan. (Nisa/net)

  

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi