Diposting oleh : Feriandi     Tanggal : 09 Oktober 2017 17:25     Dibaca: 54 Pembaca

Kerap Kebanjiran, Warga Blok L Berharap Dibangunkan Siring dan Talud

Suasana warga Blok L yang dilanda kebanjiran

Baturaja, Detik Sumsel - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) sejak seminggu terakhir mengakibatkan sebagian tempat di Bumi Sebimbing Sekundang kebanjiran, banjir yang terjadi ini merupakan banjir musiman yang kerap terjadi jika Musim hujan tiba. 

Seperti yang terjadi dijalan bungur IV, Perumahan RS Holindo Kelurahan Baturaja Permai kecamatan Baturaja Timur, akibat hujan deras semalam suntuk daerah tersebut mengalami banjir. meskipun banjir dengan kedalaman kurang dari satu meter, tapi cukup menganggu warga yang hendak melakukan aktifitas sehari-hari.

Jeki (29) warga setempat mengatakan, Genangan air sedalam sekitar 50-80 Cm yang mengakibatkan kawasan di sekitar rumahnya banjir merupakan air kiriman dari daerah atas yakni dari arah Kantor Dinas Pendidikan OKU dan Kalangan Rebo.

"ini air kiriman, ditambah hujan yang lebat jadinya banjir, dan disini sudah langganan banjir" kata jeki, senin (9/10).

Dalam satu tahun terakhir, hingga hari ini (9/10) diungkapkan Jeki terhitung sudah 7 kali terjadi banjir, selain air kiriman penyebab utaman banjit yakni dikawasan tersebut belum ada saluran air (Siring red) untuk mengalirkan air sehingha tidak menyebablan banjir.

"lihat saja disni tidak ada siring, jadi ketika hujan lebat air dari atas ngalirnya ke sini (lokasi banjir red) sehingga banjir, air sudah masuk sekitar jam 4 subuh, dan sampe siang ini baru surut sedikit karena air tidak ada tempat perembesan untuk mengalir" ungkapnya.

Sementara itu An (30) warga lainnya menambahkan, warga setempat sudah mengusulkan ke kelurahan untuk dibangunkan talud dan siring , sehingga dapat meminimalisir terjadinya banjir, namun hingga saat ini belum ada realisasi.

"sudah pernah beberapa kali kita usulkan, tapi tidak ada realisasinya, bahkan karena sudah terlalu sering diusulkan kita juga kesal sebab banjir ini seperti tidak ada solusi" keluhnya.

Pantauan dilapangan, banjir yang menggenangi kawasan tersebut membuat warga kesulitan untuk melakukan aktifitas, anak-anak yang akan berangkat kesekolah terpaksa harus melepas sepatunya dan menentangnya agar tidak basah, bahkan ada sebagian warga yang terpkasa tidak betaktifitas karena khawatir banjir akan semakin besar dan masuk kedalam rumah.

"Harapan kami usulan yang telah kami ajukan bisa tetalisasi, bisa dibangun talud dan siring sehingga kami tidak kebanjiran lagi" harap warga setempat.

Sementara itu Lurah Baturaja Permai Dini, yang di hubungi via pesan singkat mengkapkan, banjir hanya terjadi di kawasan tersebut.

"alhamdulillah di RT lain tidak ada banjir, tapi air di siring utama (besar) masih tinggi dan jika hujan masih tetap mengguyur kemungkinan banjir" katanya.

Disinggung soal usulan warga Blok L Baru yang belum terealisasi, Dini mengatakan hal ini mungkin karena keterbatasan dana sehingga usulan tersebut belum bisa terealisasi.

"Ya mungkin bisa di coba buat usulan baru yang disertai foto-foto pas banjir, atau kalau ada chanel ke Anggota Dewan OKU mungkin realisasinya bisa semakin cepat" sarannya. (fei) 

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi