Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Feriandi     Tanggal : 12 Juli 2018 17:33     Dibaca: 191 Pembaca

Kisruh PAN OKU Bergulir di Pengadilan

Istimewa

Baturaja, Detik Sumsel -- Kisruh pemberhentian sementara Ketua DPD PAN OKU Drs H Rusli Matdian hingga digelarnya Musyawarah Luar Biasa (Musdalub) DPD PAN di Prabmulih beberapa waktu lalu menempatkan Mirza Gumai sebagai ketua terpilih ternyata terus berlanjut, kemelut ditubuh DPD PAN OKU ini akhirnya menggelinding di Pengadilan Negeri Baturaja.

Ribut urusan Partai PAN OKU yang sempat hilang dari pantauan publik ini justru berlanjut saat pendaftaran Calon Legislatif (Caleg) dimulai.

Rusli Matdian melalui kuasa hukumnya Chairul Nopriansyah SH didampingi Arpian SH di Pengadilan Negeri Baturaja Kamis (12/7) mengatakan, gugatan klienya sudah diterima Pengadilan Negeri Baturaja Bernomor:13/PDT.G/2018/PN.BTA.

Kata Chairul, berdasarkan pasal 32 ayat 4 UU RI No 2 tahun 2011 tentang perubahan atas UU No 2 tahun 2008 tentang partai politik yang menegaskan, penyelesaian internal partai politik paling lambat 60 hari oleh mahkamah partai bersangkutan.

Hingga batas tenggang waktu 60 hari keberatan yang diajulan Rusli ke DPP PAN ternyata tidak membuahkan keputusan, hingga persoalan ini sudah bisa diajukan ke Pengadilan, kata Chairul.

"Rusli Madian pada tanggal 24 Maret 2018 dapat surat pemberhentian dari DPW Partai PAN Sumsel. Dua hari setelah itu pada 26 maret 2018 Rusli mengirim surat sanggahan ke DPW Sumsel dan DPP PAN di Jakarta. Namun sampai waktu 60 hari bahkan hingga sekarang tidak ada jawaban," kata Chairul.

Dia menambahkan, pokok gugatan Rusli, SK yang dikeluarkan oleh DPW PAN itu tidak sesuai dengam AD/ART Partai PAN Sebagaimana diatur pasal 2 BAB IX tentang prinsif bentuk dan mekanisme pemberian sanksi yang harusnya bentuk peringatan tertulis terlebih dahulu. Persoalan yang terjadi, tergugat tidak pernah mengirimkan surat tegoran Melainkan langsung surat pemberhentian sementara.

"Karena itu Klien kami menggugat agar nama baik nya dipulihkan, dan mengembalikan pada jabatan semula sesuai hasil Musdalub Martapura,"katanya.

Setelah menyampaikan gugatan ke PN Baturaja kata Chairul, mereka akan menyerahkan surat tembusan ke KPU OKU dan Panwaslu OKU. (fei)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi