Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : DP     Tanggal : 17 Juli 2017 12:51     Dibaca: 334 Pembaca

Konsumsi Nanas Sebabkan Keguguran? Itu Mitos, Ini Faktanya

Ilustrasi buah nanas (Istimewa)

DETIK SUMSEL - Terdapat mitos yang beredar ketika para ibu hamil konsumsi nanas dapat berisiko keguguran. Apa hal tersebut benar? 

Menurut dr Lily S Sulistyowati, MM, Direktur Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Jakarta, mitos tersebut salah. Tidak ada bukti ilmiah mengenai hal tersebut.

Buah nanas mengandung enzim bromelain yang dapat mencerna protein dalam makanan agar lebih mudah terserah tubuh. Kemudian, dari konsumsi tesebut otomatis janin dapat berkembang secara maksimal karena mendapat asupan makanan.

Konsumsi nanas juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Ketika Anda konsumsi nanas, dapat mengurangi risiko kolesterol dalam darah, kemudian penyakit diabetes, dan penyakit jantung.

Perlu diketahui, setiap orang tentu membutuhkan asupan sayur dan buah setiap hari. Namun, ternyata menurut data Riset Kesehatan Dasar 2013, menyatakan sebanyak 93,5 persen penduduk Indonesia berusia di atas 10 tahun masuk dalam kategori kurang makan buah dan sayur.

Namun, yang perlu diperhatikan wanita hami untuk mengonsumsi nanas dalam jumlah sedang dan tidak berlebihan. Akan lebih baik jika menghindari mengonsumsi nanas atau hanya dalam jumlah kecil bagi ibu hamil di trimester pertama. (net)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi