Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Erizal Wandi     Tanggal : 22 Mei 2018 16:44     Dibaca: 260 Pembaca

KPU Prabumulih Terima 131033 Lembar Surat Suara Pilkada

Sejumlah petugas menurunkan surat suara dari mobil ekspedisi untuk kemudian disimpan di dalam gudang penyimpanan

# Surat Suara Diajaga Ketat

Prabumulih, Detik Sumsel - Sebanyak kurang lebih 131033 lembar surat suara untuk pemilihan kepala daerah Walikota dan Wakil Walikota tahun 2018 telah diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Prabumulih. Surat suara tersebut dikirim langsung menggunakan ekspedisi dari pihak kedua yakni PT Aksara Grafika Pratama, Jatinegara-Cakung Jakarta Timur.

Surat suara ini tiba di kantor KPU Prabumulih pada Selasa sore (22/05) sekitar pukul 15.00 wib dan diterima langsung oleh Ketua KPU Prabumulih M Tahkyul dan disaksikan Kapolres Prabumulih AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK serta Ketua Panwaslu Herman Julaidi SH.

Tahkyul mengatakan, adapun jumlah surat suara yang diterima sesuai dengan nota pesanan berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan ditambah dengan 2,5 persen dengan pembulatan ke atas.

"Surat suara sudah kita terima dengan utuh dan lengkap. Seluruhnya ada 65 dus termasuk cadangan untuk pemungutan suara ulang. Masing-masing dus terdiri dari 2000 lembar kertas suara dan ada satu dus yang berisi 1033 lembar sebagai pelengkap dari jumlah surat suara," ujar Tahyul.

Selanjutnya sambung Tahkyul, seluruh surat suara yang telah masuk disimpan di gudang penyimpanan di lantai dua Kantor KPU Prabumulih. Bahkan untuk menjaga keamanan kertas suara gudang tersebut dikunci dengan tiga gembok berbeda.

"Ada tiga kunci, masing-masing kunci dipegang oleh Polres Prabumulih, Panwaslu dan satu kunci dipegang oleh KPU Prabumulih. Tujuannya agar surat suara terjaga dengan aman dan baik, sehingga tidak ada pihak yang bisa membuka gudang penyimpanan kalau tidak dilakukan secara bersamaan," bebernya.

Sekretaris KPU Kota Prabumulih Dinerson menambahkan, sebelum didistribusikan, pihaknya nanti akan melakukan sortir sekaligus lipat surat suara untuk memeriksa kelayakan dari surat suara. Jika ditemukan surat suara yang rusak dan tidak layak akan disortir dan dilakukan penggantian baru.

"Nanti akan kita lakukan sebelum kertas suara ini didistribusikan ke seluruh Tempat Pemungutan Suara. Sehingga surat suara yang diterima oleh masyarakat nanti adalah surat siara yang dalam keadaan baik dan dapat sah digunakan untuk pemungutan suara nanti,"

Sementara itu, untuk kotak suara dan bilik suara untuk pemungutan suara Pilkada 2018 ini masih menggunakan barang yang lama pada pemilihan umum sebelumnya.

"Kotak suara dan bilik suara dipergunakan lagi untuk pemungutan suara 27 Juni mendatang," kata Denirson.

Kapolres Prabumulih AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK mengaku telah menyiapkan personil untuk menjaga kemanan surat suara. Pengamanan penuh dilakukan 24 jam.

"Tidak hanya mengamankan surat suara saja, kita juga sudah siap untuk mengamankan Pilkada dan Pilgub serentak di Kota Prabumulih. Kita berharap situasi dan kondisi dapat terus terjaga dengan baik hingga pesta demokrasi ini usai," tandasnya. (Ichal)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi