Diposting oleh : AMS     Tanggal : 04 Mei 2017 13:08     Dibaca: 358 Pembaca

Lahat Punya Spot Paralayang Terbaik di Indonesia

Spot Paralayang di Bukit Besar

LAHAT, DetikSumsel- Kesiapan masyarakat Sumatera Selatan dalam menyongsong event akbar Asian Games terus digiatkan. Kesiapan tersebut salah satunya dibuktikan oleh pemkab Lahat yang mulai memperkenalkan spot wisata olahraga. 

Bupati Lahat, Aswari Rivai mengatakan event bergengsi Asian Games yg akan digelar tahun 2018 tentu membawa impact positif terhadap pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan. Tak hanya itu, pesta olahraga se Asia yang digelar bulan Agustus tahun depan ini juga menjadi momen promosi wisata yang bisa menambahkan devisa

Guna mensukseskan event tersebut, Pria penghobi olahraga ini juga telah menyiapkan berbagai spot olahraga yg dikemas dalam paket wisata. Mulai dari balapan di Sirkuit Manggul, hingga aero sport sejenis paralayang.

"Saya sengaja undang atlet paralayang untuk mempersiapkan spot yg bisa digunakan olahraga paralayang, dan akhirnya menemukan potensi bukit besar. "Ujarnya

Spot Paralayang di bukit besar ini, lanjut Aswari, sengaja di pilih untuk memadukan antara olahraga dan wisata. Konsepnya adalah Aero Sport Tourism, karena disini para penghobi paralayang bisa menyaksikan keindahan alam Kab.Lahat dari ketinggian. 

Aries Pribaya, atlet Paralayang asal Jawa Barat mengatakan pihaknya mengaku kagum dengan spot bukit besar. Menurut pria yang akti di Sang Aero Paraglinding ini, spot tersebut memiliki potensi yg luar biasa untuk dikembangkan.

"Kami baru menemukan spot seperti ini, karena atlet tak perlu kesulitan untuk melakukan proses take off. Arah terbang bisa 270 derajat, jadi kita bisa mengarah kemana saja untuk terbang" ujarnya

Selama ini, spot paralayang hanya menawarkan arah take off satu sisi, dan kendala yg terjadi adalah arah angin. "Jika spot itu menghadap ke barat, dan angin mengarah ke utara maka kami memilih menunggu sampe angin tersebut bergeser" keluhnya

Di bukit besar, lanjut Aries, hal itu tidak berlaku, sebab dirinya bisa leluasa memilih arah take off mengikuti arah angin. "Bukit besar adalah salah satu spot paralayang terbaik di Indonesia dan satu satunya di pulau Sumatera" ujarnya.

Hal senada dituturkan oleh Jajang, paralayang yang ikut terbang dari Bukit Besar. Pria yang aktif di  Papatong Paragliding ini mengaku tak kesulitan untuk terbang dan landing. Bahkan untuk landing, pihak pemkab Lahat telah memilih lapangan untuk areal pendaratan.

Jajang mengaku pernah terbang dari salah satu bukit di Jawa Barat, namun ketika akan memilih spot landing, kami kesulitan karena yang ada adalah areal persawahan dan pemukiman warga.

"Idealnya, spot take off & landing itu berada dalam satu desa, sehingga pick up point utk wisatawan tidak terlalu jauh. Nah, kawasan ini bisa dikembangkan sebagai destinasi wisata baru" ujarnya.

Bukit besar terletak desa Tanjung Beringin, Kab.Lahat. kawasan ini menawarkan panorama indah khas desa. (Dul) 

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi