Diposting oleh : Edy Parmansyah     Tanggal : 25 Januari 2017 21:17     Dibaca: 247 Pembaca

Laksanakan Bimtek Tungsura, PPK dan PPS Diminta Teliti

Menghadapi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Musi Banyuasin (Muba) yang kurang dari satu bulan lagi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muba menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penghitungan Suara (Tungsura) bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Sekayu, Detik Sumsel - Menghadapi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Musi Banyuasin (Muba) yang kurang dari satu bulan lagi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muba menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penghitungan Suara (Tungsura) bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Menurut Ketua KPU Muba, H Ahmad Firdaus Mavel’s, SE, M.Si, kegiatan bimtek diikuti oleh Ketua dan Anggota PPK dan PPS se-Kabupaten Muba, yang dilaksanakan selama empat hari, dengan sistem pembagian wilayah kerja. “Kita bagi per-kecamatan setiap harinya, mengingat keterbatasan tempat dan efektifitas dalam memberikan bimbingan kepada peserta,” katanya Rabu (25/1) di Gedung Dharmawanita Sekayu.

Terpisah menurut Ketua KPU Sumsel H Aspahani, SE, Ak kegiatan bimtek yang dilaksanakan merupakan rangkaian bimtek secara berjenjang didasarkan pada Peraturan KPU Nomor 14 Tahun 2016, atas perubahan PKPU No 10 tahun 2015,tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara di Tempat Pemungutan Suara dalam Pemilihan Kepala dan Wakil Kepala Daerah, Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati/ Walikota dan Wakil Walikota.

“Tujuan bimtek ini untuk memastikan kepada para penyelenggara pemilu dalam rangka memberikan pemahaman bersama, baik di tingkat PPK, dan PPS yang berkenaan dengan tata cara pemungutan, penghitungan, serta rekapitulasi hasil perolehan suara oleh calon Bupati dan Wakil Bupati Muba 2017,” beber Aspahani.

Berbagai metode digunakan dalam bimtek, seperti ceramah, diskusi, dan simulasi dalam proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS, serta rekapitulasi hasil perolehan suara. Hasil simulasi ini diharapkan dapat memberikan informasi dan pemahaman kepada PPK dan PPS sehingga mereka dapat mengaplikasikannya pada saat pemungutan, penghitungan suara, dan rekapitulasi hasil perolehan suara.

“Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muba 2017, berbeda dengan pemilihan sebelumnya terutama dalam rekapitulasi penghitungan suara, yang sebelumnya dilaksanakan pada tingkat PPS, tetapi pad tahun ini rekapitulasi hanya dilakukan pada tingkat PPK,” pungkasnya. (edy)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi