Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh :     Tanggal : 17 Juli 2017 15:41     Dibaca: 1252 Pembaca

Larang OT di Pesta Malam, Polres dan Pemkab Keluarkan Maklumat

Kapolres Empat Lawang, AKBP Bayu Dewantoro

Empat Lawang, Detik Sumsel – Dalam upaya menekan peredaran minuman keras dan penyalahgunaan narkoba, terutama yang kerap terjadi saat pesta malam. Polres dan Pemkan Empat Lawang mengeluarkan maklumat terkait larangan menyelenggarakan orgen tunggal di pesta malam. 

“Orgen Tunggal (OT) bila dilangsungkan pada malam hari dapat mengundang penyakit masyarakat pengundang amalan setan seperti miras, narkoba, judi, biduan tempel, selisih paham, perkelahian dan bahkan penganiayaan yang tak jarang menyebabkan matinya seseorang. Bahkan sepanjang 2016 lalu, setidaknya ada empat orang meninggal dunia,"tegas Kapolres Empat Lawang, AKBP Bayu Dewantoro, Senin (17/07).

Ditambahkannya, selain menimbulkan banyak kerugian bagi masyarakat, pesta malam juga telah mengikis budaya dan kearifan lokal serta mengganggu jam ibadah dan belajar bagi pelajar. 

“Kita menghimbau, untuk acara pernikahan tidak lagi menggelar acara malam berupa orgen tunggal dan menggantinya dengan budaya atau kegiatan agama dan berdoa. OT ini bukannya budaya asli dan baru merebak di tahun 2000an menggantikan orkes mengingat lebih simpel. Tapi kegiatannya mulai mengikis budaya kearifan lokal. Ini yang sangat memprihatinkan,” tambahnya.

Namun, untuk mengatasi hal tersebut, bukan hanya tugas dari kepolisian, perlu peran aktif dari semua pihak danm semua unsur lapisan masyarakat. “Namanya penyakit masyarakat, maka yang menyembuhkan harus dari upaya masyarakat dan pemerintah berikut alim ulama. Kalau hanya polisi saja, sama seperti teori balon, pencet sana muncul sini, begitu juga sebaliknya,” tandasnya. (cha)


  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi