Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : DP     Tanggal : 12 Mei 2017 14:22     Dibaca: 384 Pembaca

Latihan Yoga Rutin Efektif Hilangkan Nyeri Haid

Ilustrasi latihan yoga (Istimewa)

DETIK SUMSEL – Tak sedikit wanita yang merasa nyeri dan kram ketika sedang menstruasi. Tentunya, nyeri dan kram yang sering tak tertahankan ini dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari.

Jika ini terjadi, coba jajal dengan melakukan yoga. Peneliti di London, Inggris, telah menganalisis 15 studi yang mempelajari hubungan antara yoga dan nyeri haid. Hasilnya yoga mampu meredakan berbagai keluhan saat menstruasi. Rasa nyeri jadi berkurang, kualitas hidup jadi lebih baik, stres juga berkurang, dan suasana hati jadi lebih baik.

Menurut peneliti, Jennifer Oates, saat seseorang melakukan yoga, respons tubuh terhadap stres atau rasa nyeri berkurang. Hal ini membuat tubuh jadi melepaskan senyawa yang membuat nyeri tidak terlalu terasa, seperti dikutip dari Cosmopolitan, Jumat (12/5/2017).

Namun, tetap saja dibutuhkan studi lanjutan untuk mengetahui latihan yoga apa yang paling efektif untuk mengurangi keluhan saat menstruasi. Lalu, perlu juga studi lanjutan untuk mengetahui lama waktu melakukan yoga.

Meski begitu, rutin melakukan yoga tak ada salahnya. Oates menyarankan bagi wanita yang sering mengalami nyeri saat menstruasi rutin melakukan yoga. Paling tidak dalam seminggu satu atau dua kali melakukan yoga Hatha.

Yoga Hatha sangat cocok dilakukan bagi pemula. Gerakan yang ditawarkan yoga ini lambat dan halus, serta fokus mengintegrasikan pernapasan ke dalam gerakan ini.

Banyak yang percaya bahwa yoga Hatha merupakan cara yang paling bagus untuk meregangkan tubuh dan membuat tubuh jadi rileks. (net)


  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi